Tumbangkan Bayern, Hoffenheim Cetak Sejarah Baru Bundesliga

Pertandingan Bundesliga 2019/2020 antara TSG Hoffenheim vs Bayern Munich
Sumber :
  • Instagram/@fcbayern

VIVA – TSG Hoffenheim di luar dugaan berhasil mempecundangi juara bertahan, Bayern Munich. Melawat ke Allianz Arena dalam laga pekan ketujuh Bundesliga 2019/2020, pasukan Alfred Schreuder mampu menekuk Bayern 2-1, Sabtu 5 Oktober 2019 WIB.

Sumbangan dua gol striker anyar berpaspor Armenia, Sargis Adamyan, jadi penentu kemenangan Hoffenheim dalam pertandingan itu. Sebab, dua gol Adamyan hanya mampu dibalas satu gol oleh juru gedor andalan The Bavarians, Robert Lewandowski.

Kemenangan atas Bayern memiliki arti penting buat Hoffenheim. Sebab, sepanjang 10 tahun pertemuannya dengan Bayern, Hoffenheim tak sekali pun berhasil menang saat melawat ke markas Bayern. 

Menurut data yang didapat dari Opta dan Fctables.com, sepanjang sejarah Bundesliga, kedua tim sudah berjumpa sebanyak 25 kali. Selama pertemuan dengan Hoffenheim, Bayern tetap tampil dominan dengan memetik 16 kemenangan dan hanya kalah empat kali. Sementara itu, lima laga lainnya berakhir seri.

Akan tetapi, sejak pertemuan pertama pada 2009, Hoffenheim belum sekali pun berhasil mengalahkan Bayern saat bertandang ke Allianz Arena. Kini, rekor itu pun pecah setelah kemenangan tersebut.

Hasil positif ini membuat Hoffenheim untuk pertama kalinya berhasil mengalahkan Bayern dalam laga tandang, sepanjang 120 tahun klub ini berdiri.

Meski demikian, Bayern tetap saja lebih digdaya dari Hoffenheim. Sebab, dalam 14 kali menjamu Hoffenheim di Allianz Arena, Die Roten mampu memetik 10 kemenangan, tiga hasil imbang, dan hanya sekali menelan kekalahan.

"Tentu saya sangat bangga dengan penampilan kami. Tim kami telah membuat sejarah. Hoffenheim tak pernah menang dalam laga di Munich sebelumnya. Kami mencoba menekan FC Bayern dengan sangat tinggi di lapangan. Tetapi, itu tidak berhasil. Bayern punya mental yang sangat baik," kata Schreuder dikutip Bulinews.com.

"Para pemain menunjukkan di mana kami bisa mencoba mendapatkan kemenangan. Kami melihat hati yang besar dari para pemain. Anda selalu mencoba untuk meraih kemenangan dalam pertandingan dan mereka menunjukkan hasrat itu," ujarnya.

Menang atas Bayern tak berarti Andrej Kramaric cs punya posisi bagus di tabel klasemen. Sebab saat ini, armada Die Kraichgauer masih tercecer di urutan 12 klasemen dengan koleksi delapan poin.