Inilah 3 Pelontar Mortir TNI Buatan Bandung

VIVA Militer: Prajurit TNI Sedang Memasukan Mortir
Sumber :
  • Website Militer.com

VIVA – Guna mendukung pertahanan TNI Angakatan Darat dalam menghadapi musuh, PT Pindad juga memproduksi pelontar mortir yang menggunakan dua jenis kaliber yang berbeda.

Tak tanggung-tangguang ada tiga jenis sekaligus pelontar mortir yang diciptakan perusahaan yang berdiri di Bandung itu untuk mendukung persenjataan TNI.

Berikut jenis-jenisnya:

  1. Mo-1 Kal. 60 mm CO

Pelontar mortir Mo-1 dapat menggunakan segala tipe munisi mortir dengan ukuran kaliber 60 mm commando. Dengan berat 6 kilogram, Mo-1 memiliki mobilitas yang tinggi dan dapat dipindahkan dengan sangat mudah.

Sistem penembakan pada Mo-1 dilakukan secara satu per satu dengan jarak tembak mencapai 800 meter.

  1. Mo-2 Kal. 60 mm LR

Pelontar mortir Mo-2 masih menggunakan kaliber 60 mm sebagai amunisi utamanya. Selain itu pelontar mortir varian ini sudah menggunakan amunisi mortir kaliber 60 mm long range atau jarak jauh.

Mo-2 juga dilengkapi dengan bipod untuk menopang pelontar dalam pengoperasiannya. Sistem penembakan Mo-2 juga masih dilakukan secara satu per satu. Namun untuk jarak penembakan sudah mengalami perkembangan, sehingga jarak tembak varian Mo-2 mencapai 4 kilometer.

  1. Mo-3 Kal. 81 mm

Pelontar mortir Mo-3 menggunakan jenis kaliber yang berbeda yaitu sebesar 81 mm. Mo-3 juga dilengkapi dengan bipod untuk menopang pelontar agar memudahkan pengoperasiannya. 

Sistem penembakan juga masih dilakukan secara satu per satu. Tapi untuk varian Mo-3 yang sudah semakin baik ini memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer.

Baca: Hadang Tank Israel, Prajurit TNI Dapat Hadiah dari Amerika