Ini Bukti Prajurit Kostrad TNI Membaur Dengan Rakyat di Papua

VIVA Militer : Prajurit Yonif 413 Kostrad ajarkan anak-anak cara gosok gigi
Sumber :
  • pen kostrad

VIVA – Pedoman Kemanunggalan TNI dengan rakyat bukan hanya sebatas slogan belaka bagi seluruh prajurit TNI. Sebagai seorang prajurit, dia tidak hanya dibekali dengan keahlian tempur ketika turun ke wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tapi juga dilatih untuk berbaur bersama rakyat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh prajurit tempur dari Bataliyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413 Kostrad TNI AD yang bertugas di perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini atau Satgas Pamtas RI-PNG Pos Yetti, Jayapura, Papua ini.

Para prajurit TNI itu tidak hanya menonjolkan senjata dan kemampuan tempurnya di wilayah perbatasan untuk menjaga NKRI dari berbagai ancaman yang setiap saat dapat terjadi. 

Prajurit Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad TNI AD itu juga berupaya masuk ke sekolah-sekolah SD membantu tenaga pendidikan untuk melatih anak-anak SD Mahanaim di Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom tentang cara merawat kesehatan gigi pada anak.

Hal itu disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad, Mayor Inf Anggun Wuriyanto dalam keterangan yang dikutip militer">VIVA Militer dalam rilis resminya, Selasa, 17 November 2020.

Bisa dibayangkan bukan, jika ada seorang prajurit TNI yang memiliki kemampuan tempur dan terbiasa dilatih untuk berperang dan memegang senjata harus memegang sikat gigi serta mengajarkan cara menggosok gigi kepada anak-anak?

Ya, mungkin itu terlihat sangat sepele. Tapi memperkenalkan cara menggosok gigi kepada anak-anak SD adalah pekerjaan yang sangat mulia, karena itu terkait dengan kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Baca juga : Jenderal Kopassus Selamatkan Nyawa Rakyat, Metropolitan Mencekam