Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

VIVA Militer: Pangkostrad lantik Brigjen Bangun Nawoko jadi Pangdivif 3 Kostrad
Sumber :
  • Penkostrad

Jakarta – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Letjen TNI Muhammad Mustafa Saleh baru saja mengangkat Brigjen TNI Bangun Nawoko sebagai Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad. Brigjen TNI Bangun Nawoko dipercaya untuk menggantikan Mayjen TNI Choirul Anam yang saat ini menduduki jabatan baru sebagai Irkostrad.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Pengangkatan Perwira Tinggi (Pati) TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 itu ditandai dengan upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Pangkostrad Letjen TNI Saleh Mustafa pada hari Rabu, 17 April 2024 lalu di Lapangan Bima Madivif 3 Kostrad, Pakatto, Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam upacara tersebut, Pangkostrad Saleh Mustafa menyerahkan secara langsung tongkat komando Pangdivif 3 Kostrad dan memasangkan tanda kepangkatan bintang dua emas di pundak Brigjen TNI Bangun Nawoko. Dengan demikian, Pati TNI AD kelahiran Temanggung, Jawa Tengah itu saat ini resmi menyandang pangkat jenderal bintang dua atau Mayor Jenderal (Mayjen) TNI AD di pundaknya.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyampaikan, bahwa serah terima jabatan ini menandakan secara reorganisasi, TNI Angkatan Darat melaksanakan perubahan dan penyegaran terhadap pejabat utama di jajaran TNI AD agar tetap berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Pergantian jabatan ini tidak mempengaruhi apa yang menjadi kebijakan pimpinan TNI Angkatan Darat maupun dari Bapak Panglima TNI. Satuan Kostrad tetap profesional, responsif, integratif, adaptif dan modern khususnya terhadap kebijakan pimpinan TNI AD,” kata Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum'at, 19 April 2024.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

VIVA Militer: Pangkostrad Letjen TNI Saleh Mustafa pimpin Sertijab Pangdivif 3

Photo :
  • Penkostrad

Jejak Karir Militer

Mayjen TNI Bangun Nawoko bukanlah orang baru di lingkungan Kostrad TNI AD. Sebelum memegang tongkat komando Divisi Infanteri (Difiv) 3 Kostrad, dia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di lingkungan TNI AD. 

Dia pernah menjabat Danyonif 631/Antang pada tahun 2008-2009, Dandim 1008/Tanjung pada tahun 2009-2012, Kasbrigif Linud 18/Trisula/Kostrad pada tahun 2012―2013. 

Kemudian, Bangun Nawoko juga pernah menjabat Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 13/Galuh/Kostrad pada tahun 2013-2014. Lalu, Asops Kasdivif 1/Kostrad di tahun 2014, Asops Kasdam XVII/Cenderawasih pada tahun 2014—2015.

Setelah itu, pada tahun 2015 dia ditarik ke Pamen Denma Mabesad. Kemudian tahun 2017 dia kembali mendapatkan promosi jabatan menjadi Danrem 083/Bhaladika Jaya. 

Tidak berhenti sampai di situ saja, karier militer Bangun Nawoko terus cemerlang, pada tahun 2018 dia dipercaya menduduki jabatan baru sebagai Paban II/Binlat Sopsad hingga tahun 2020. Kemudian, pada tahun 2020 dia memegang tongkat komando di wilayah teritorial Papua sebagai Danrem 174/ATW hingga tahun 2022, dan terakhir dia kembali ditarik ke Mabesad untuk menduduki jabatan Waasops Kasad Bidang Renops.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya