Dentuman Meriam Kapal Perang TNI Terdengar di Laut Aceh, Ada Apa?

VIVA Militer: Prajurit TNI Angkatan Laut KRI Cirebon (543) mebembakkan meriam
Sumber :
  • Instagram/@koarmada_1

VIVA – Bunyi dentuman senjata berat terdengar keras di perairaan Provinsi Aceh. Ternyata, ada kapal perang milk TNI Angkatan Laut yang tengah melancarkan serangan terhadap sasaran, Sabtu 25 Desember 2021.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi Komando Armada I (Koarmada I) TNI Angkatan Laut, bunyi ledakan keras itu berasal dari kapal perang amfibi kelas Teluk Gilimanuk, KRI Teluk Cirebon (543).

Sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut yang mengawaki KRI Teluk Cirebon (543) berdiri di belakang senjata berat, dan siaga penuh menenteng senapan serbunya. 

Ya, KRI Teluk Cirebon (543) ternyata tengah melaksanakan latihan penembakan meriam. Para personel kapal perang buatan Jerman Timur ini melancarkan serangan dengan menggunakan meriam laras ganda 37 mm. 

Tak berhenti sampai di situ, para personel KRI Teluk Cirebon (543) juga menembaki sasaran dengan menggunakan senapan serbu M4.

VIVA Militer: Prajurit TNI Angkatan Laut KRI Cirebon (543) mebembakkan senapan

Photo :
  • Instagram/@koarmada_1

Komandan KRI Teluk Cirebon (543), Letkol Laut (P) Siswandony, menegaskan bahwa latihan kali ini digelar sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, dalam menyelaraskan operasi dengan latihan.

"Setiap KRI yang berlayar harus melaksanakan latihan dengan melakukan penembakan artileri meriam kapal dan senri (senapan meriam), guna mengetahui sejauh mana kesiapan teknis serta tingkat profesionalitas prajurit KRI dalam pengoperasian sistem senjata," tegas Letkol Laut (P) Siswandony.