Arus Balik Lebaran, Ratusan Pemudik dan Sepeda Motor Tiba di Jakarta Naik Kapal Perang TNI AL

VIVA Militer: Ratusan Pemudik dengan KRI Banda Aceh-593 tiba di Mako Kolinlamil
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Libur lebaran sebentar lagi usai. Para pemudik yang menikmati libur lebaran di kampung halaman pun kini mulai kembali ke Jakarta untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Tak terkecuali pemudik yang memanfaatkan kapal perang TNI AL, KRI Banda Aceh-593 (KRI BCA-593) sebagai sarana mudik gratis lebaran bersama TNI AL tahun ini.

Iya, kapal perang KRI Banda Aceh-593 yang berangkat dari Surabaya beberapa hari lalu itu hari ini telah tiba di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin, 15 April 2024.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, sebanyak 810 penumpang dan 181 unit sepeda motor ikut dalam kapal perang TNI AL tersebut. Kedatangan ratusan penumpang mudik gratis lebaran 2024 itu langsung disambut oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda (Laksda) TNI Hudiarto Krisno Utomo.

"Selamat datang kepada peserta mudik, karena akhirnya bisa kembali ke ibukota Jakarta dalam keadaan sehat walafiat tanpa kendala apapun didalam perjalannannya," ucap Pangkolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo saat menyambut kedatangan ratusan pemudik di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

VIVA Militer: KRI Banda Aceh-593 yang membawa pemudik tiba di Mako Kolinlamil

Photo :
  • Dispenal

Lebih jauh dijelaskan, bahwa kapal perang KRI BAC-593 sebelumnya telah berlayar dari Surabaya pada hari Sabtu, 13 April 2024 lalu dengan membawa peserta mudik dari Surabaya berjumlah 356 orang serta 72 unit sepeda motor dengan rute Semarang dan Jakarta.

Lalu, pada hari Minggu, 14 April 2024 kemarin, KRI BAC-593 tiba di Semarang dimana sebanyak 16 orang dan 7 unit motor pemudik dari Surabaya turun di Semarang. Selanjutnya KRI BAC-593 membawa peserta mudik gratis dari Semarang tujuan Jakarta sebanyak 470 orang serta 116 unit sepeda motor.

"Pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL ini merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL dalam rangka memfasilitasi masyarakat umum dan keluarga besar TNI AL agar dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman," ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dalam hal ini memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Untuk diketahui, mudik gratis dengan kapal perang tahun 2024 ini TNI AL bekerjasama dengan BAZNAS. Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung himbauan Pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar serta mengurangi kepadatan dan angka kecelakaan pada arus balik lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya