Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

VIVA Militer: Panglima TNI sematkan penghargaan ke 27 prajurit andalan TNI AU
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto penuh bangga menyambut kedatangan pesawat Super Hercules C-130 J milik TNI AU yang telah sukses membawa misi negara untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza, Palestina di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Kamis, 11 April 2024.

Bom Israel Hantam Rafah, Sekjen PBB Geram

Pesawat militer Super Hercules C-130J itu tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 17.00 Wib. 

Kedatangan 27 personel TNI AU yang dipimpin oleh Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto yang saat ini menjabat Danwing I Halim Perdana Kusuma itu langsung disambut hangat oleh empat jenderal bintang empat TNI sekaligus. Mereka adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) M. Tonny Harjono, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Tentara Cadangan Israel Ancam Akan Berontak jika Tidak Menang lawan Hamas

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan, keberhasilan prajurit TNI yang menuntaskan misi bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza di Palestina dengan sandi “Solidarity Path Operation” merupakan capaian yang sangat luar biasa. 

Dia menegaskan, keberhasilan misi "Solidarity Path Operation" untuk membantu korban perang Gaza merupakan pembuktian kemampuan TNI dalam interoperapibilitas dengan militer negara lain sekaligus sebagai keberhasilan dari kemampuan diplomasi militer di percaturan internasional.

AS Desak Israel Lindungi Warga Sipil setelah Serangan Udara Mematikan di Rafah

Panglima TNI lebih jauh menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan bantuan kemanusiaan dengan metode air drop (penerjun melalui udara) terlaksana satu hari sebelum hari raya Idul Fitri. 

"Hal ini merupakan momen yang tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna karena bermanfaat untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis, 11 April 2024.

VIVA Militer: Panglima TNI sambut kedatangan pesawat Super Hercules C-130J

Photo :
  • Puspen TNI

Sebagai bentuk penghargaan atau prestasi kepada para prajurit TNI yang sukses menjalankan misi kemanusiaan di Gaza tersebut, pada kesempatan itu Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga memberikan penghargaan Dharma Pertahanan secara simbolis kepada seluruh personel yang telah sukses melakukan misi bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina tersebut.

Sebagaimana diketahui, misi membawa dan menerjunkan bantuan kemanusiaan melalui jalur udara di wilayah udara Gaza, Palestina itu memakan waktu kurang lebih 14 hari terhitung dari keberangkatan Pesawat Super Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) dari Lanud Halim Perdana Kusuma menuju Jordania pada tanggal 29 Maret 2024 lalu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pesawat Super Hercules tersebut berhasil menerjunkan bantuan kemanusiaan sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kg, total 3200Kg. Penerjunan dilakukan dengan metode low cost low atitude (LCLA) melalui jalur udara di langit Gaza, Palestina.

Setelah menunggu proses perijinan dari otoritas setempat pada hari Selasa, 9 April 2024 lalu di Bandara King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, akhirnya pesawat Super Hercules milik TNI AU itu dapat menerjunkan bantuan kemanusiaan secara langsung di wilayah udara Palestina, Gaza.

Pesawat berangkat dari Bandara King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB) dan mencapai lokasi  penerjunan Dropping Zone (DZ) di Gaza pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).

Kemudian, pesawat Hercules C130 J (A-1340) dengan mission Commander Kol Pnb Noto Casnoto beserta 26 personel dengan sandi " Solidarity Path Operation," mendarat dalam keadaan aman di King Abdullah II pada pukul 13.47 waktu setempat (17.47 WIB).

Setelah pengiriman, pesawat langsung bertolak kembali ke tanah air dengan rute penerbangan Yordania, Uni Emirat Arab, India, Myanmar, Aceh, dan Lanud Halim Perdana Kusuma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya