Panglima TNI Puji Prajurit yang Berhasil Terjunkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Perang Gaza

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melepas bantuan kemanusiaan ke Gaza
Sumber :
  • Dok TNI

Jakarta - Sejumlah prajurit TNI Angkatan Udara telah berhasil dalam menjalankan misi kemanusiaan menerjunkan bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza di Palestina. Para prajurit andalan TNI AU itu berhasil melakukan pengiriman logistik atau bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia dengan cara Air Drop (menjatuhkan bantuan dari udara) melalui pesawat Super Hercules C-130J terbaru TNI AU yang terbang melintas di langit Gaza, Palestina pada hari Selasa, 9 April 2024 lalu.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkapkan, dirinya mengapresiasi keberhasilan prajurit TNI AU yang sukses menjalankan misi kemanusiaan dengan sandi "Solidarity Path Operation" yang dipimpin Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto tersebut.

Menurut Panglima TNI, misi kemanusiaan Air Drop bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi, wilayah operasi berada di wilayah rawan dan di luar negeri. Sehingga, lanjut Panglima TNI, pengiriman bantuan melalui udara dengan metode Air Drop tersebut dibutuhkan perizinan dari otoritas negara setempat dan ketelitian yang mendalam.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

"Alhamdulillah kita berhasil menerjunkan bantuan dari drop zone sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kg di langit Gaza Palestina," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Jakarta, Rabu, 10 April 2024 kemarin.

Saat ditanya awak media terkait apakah akan ada misi bantuan Air Drop lanjutan, Panglima TNI menyampaikan bahwa dirinya akan mencari informasi terkait kebutuhan rakyat Palestina. 

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Nanti kita akan meminta informasi apa kebutuhan masyarakat pengungsi (Palestina) di sana, kita kumpulkan dan Insya Allah akan kita kirim lagi," pungkas Panglima TNI.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Deegasi Korea Utara, dipimpin oleh menteri kabinet untuk perdagangan internasional, melakukan kunjungan ke Iran. Kehadiran ini memicu spekulasi hubungan kedua negara ini

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024