Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

VIVA Militer: Waasintel Kasad Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Jenderal Bintang Satu TNI Angkatan Darat, Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva yang sebelumnya menjabat Wakil Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Darat (Waasintel Kasad) ditunjuk oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menduduki jabatan barunya sebagai Komandan Korem 151/Binaiya, Ambon, Kodam XVI/Pattimura.

Tentara Cadangan Israel Ancam Akan Berontak jika Tidak Menang lawan Hamas

Perwira Tinggi (Pati) TNI AD berdarah Timor Leste itu dipercaya menggantikan Brigjen Aminton Manurung yang kini menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya.

Promosi jabatan yang didapatkan Antoninho tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/382/IV/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, tertanggal 1 April 2024.

TNI Jelaskan Dasar Jaga Gedung Kejaksaan Agung, SBY Turun Gunung

Dari informasi yang dihimpun VIVA Militer, Sabtu, 6 April 2024, Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva tercatat merupakan Pati TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992. Dia satu angkatan dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Karena prestasinya, Brigjen TNI Anton adalah Putra Timor Timur kedua yang memperoleh pangkat Jenderal di tubuh TNI  AD, setelah Mayjen TNI Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte yang mencatatkan namanya sebagai Putra Timor Timur pertama yang menembus jajaran Perwira Tinggi (Pati) di TNI AD. Mayjen Duarte saat ini menjabat sebagai sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Pertahanan (Unhan RI).

Serangan Udara Israel Bunuh Dua Komandan Senior Hamas di Rafah

VIVA Militer: Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva bersama KSAD Jenderal Maruli

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Karier Militer

Sebelum ditunjuk menjadi Danrem 151/Binaiya, sejumlah jabatan pernah diemban suami dari Maya Sarinengsih ini, diantaranya Pabandya Pam Sinteldam VI/Mulawarman, Kasi Intel Korem 101/Antasari, Asops Satintel Bais TNI, Pamen Denma ( Dik Sesko TNI), Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi, Dosen Sesko TNI, Paban IV/Log Ditum Sesko TNI, Paban II/Evjianbangstra Sesko TNI, Pamen Denma Mabesad (Dik Lemhannas RI), dan sejak tahun 2022 ditunjuk menjadi Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel.

Tidak hanya itu, Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva juga tercatat pernah bertugas di sejumlah negara, diantaranya adalah Italia pada tahun 2008, Swiss pada tahun 2008, Brazil pada tahun 2009 dan Cina pada tahun 2017. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya