Pasca Gudmurah Kodam Jaya Meledak, TNI Akan Periksa Seluruh Gudang Munisi

VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Insiden meledaknya Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya/Jayakarta di Jalan Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor Sabtu, 30 Maret 2024 lalu, menjadi bahan evaluasi bagi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI). TNI berencana akan memeriksa seluruh gudang munisinya untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar di Mabes TNI, Selasa, 2 April 2024.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh internal tim gabungan TNI.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

"Tentunya dari hasil investigasi nanti, salah satunya kita akan mengadakan pemeriksaan keseluruhan. Mungkin Mabes TNI, baik itu gudang munisi yang ada di (matra) darat, laut, udara supaya tidak terjadi lagi situasi seperti. Kita akan lakukan itu," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar.

Mayjen TNI Nugraha Gumilar lebih jauh menjelaskan, investigasi yang dilakukan saat ini tengah berjalan dilakukan oleh Polisi Militer, Peralatan Kodam Jaya, Staf Logistik Mabes TNI, dan juga Staf Intelijen.

Ancam Israel, Jenderal Ali Belali Tunjukkan Deretan Senjata Pemusnah Iran

Salah satu aspek yang akan diinvestigasi, kata dia, di antaranya adalah soal prosedur pengamanan.

"Ada dari POM, Polisi Militer. Karena itu gudang milik Paldam (Peralatan Kodam) ya, jadi nanti ada dari Peralatan Kodam Jaya. Terus dari Slog Mabes, nanti dari staf intelijen juga ada, dari segi prosedur pengamanannya. Itu semua yang terkait  tentang gudang itu, mereka akan dilibatkan," ujarnya.

VIVA Militer: Istri almarhum menangis memeluk nisan.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Almarhum merupakan Komandan Koramil di Kuningan.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024