Satgas Yonif 623/BWU TNI AD Gandeng Chef Bobon Gelar Makan Makan Besar di Daerah Rawan Papua

VIVA Militer: Chef Bobon dan prajurit Satgas Yonif 623/BWU gelar Masak Besar
Sumber :
  • Pen Yonif 623/BWU

Maybrat – Aksi luar biasa kembali dilakukan oleh prajurit TNI Angkatan Darat di wilayah rawan Papua. Kali ini aksi spektakuler itu dilakukan oleh prajurit Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) 623/Bhakti Wira Utama (BWU) yang saat ini tengah bertugas di wilayah rawan Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.

DPR Setujui Revisi UU Kementerian Negara, TNI-Polri dan Keimigrasian

Satgas Pamrahwan TNI AD itu nekat membawa seorang chef ternama yang juga seorang content creator yaitu Bobon Santoso atau Chef Bobon untuk masuk ke wilayah Distrik Aifat, Maybrat, Papua Barat Daya demi membahagiakan warga Papua.

Chef Bobon diboyong ke Distrik Aifat, Maybrat untuk melakukan kegiatan sosial Masak Besar dengan mengusung tema "Kuali Merah Putih" di Kampung Konja Raya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua serta meneguhkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

Tentara Cadangan Israel Ancam Akan Berontak jika Tidak Menang lawan Hamas

Dalam keterangannya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 12 April 2024 kemarin, Dansatgas Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra, menyampaikan bahwa kegiatan Masak Besar ini mempunyai tantangan tersendiri karena di wilayah rawan konflik khususnya di Kabupaten Maybrat, namun juga kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi Masyarakat di Kampung Pancasila Konja. 

“Dimana Satgas Yonif 623/BWU harus benar-benar memastikan keamanan bagi content creator Bobon Santoso beserta Timnya. Mulai dari menjemput di sorong hingga pelaksanaan Masak Besar di Kabupaten Maybrat ini,” kata Dansatgas Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra.

TNI Jelaskan Dasar Jaga Gedung Kejaksaan Agung, SBY Turun Gunung

VIVA Militer: Satgas Yonif 623/BWU gandeng Chef Bobon gelar Masak Besar di Papua

Photo :
  • Pen Yonif 623/BWU

Lebih jauh Dansatgas menambahkan, selain bertujuan meningkatkan kekompakan atau soliditas antara masyarakat dengan TNI AD, kegiatan Masak Besar tersebut digagas oleh jajarannya sebagai bentuk apresiasi Satgas Yonif 623 BWU kepada masyarakat karena keteguhannya menjaga NKRI dan Pancasila di Tanah Papua.

Sementara itu, penggagas acara Letda Chk Fikri Rahadianto sebagai Pakum-pen Satgas 623 menjelaskan bahwa dalam kegiatan Masak Besar "Kuali Merah Putih" kali ini, Chef Bobon Santoso menyajikan menu daging sapi sebanyak 1.000 porsi.

"Daging sapi untuk 1.000 porsi dimasak dengan bumbu rendang dan menggunakan kuali raksasa berukuran diameter 180 cm. Dalam kegiatan memasak tersebut, Bobon Santoso beserta Tim dibantu oleh Personel Satgas Yonif 623/BWU dan masyarakat setempat,” katanya.

Untuk diketahui, Kuali Merah Putih adalah proyek masak besar yang diprakarsai oleh Chef Bobon Santoso, seorang chef ternama dan Content Creator di Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk menyebarkan kebahagiaan melalui masakan kepada masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat. 

Masyarakat Distrik Aifat Utara tampak antusias menyambut kedatangan Chef Bobon Santoso dengan diarak berkeliling kampung dengan tarian khas dan diterima sebagai warga kehormatan Maybrat.

Sambil menunggu hidangan masak, Chef Bobon Santoso juga melihat Program Unggulan yang dimiliki Satgas Yonif 623/BWU yaitu “Truk Banua Mace Pace” yang memiliki arti “Membangun Semua Masyarakat Cerdas Papua Ceria” yang bergerak di bidang Pendidikan dan Kesehatan sambil memberikan makanan ringan dan susu kepada anak-anak.

Setelah kegiatan memasak selesai, dilanjutkan dengan pembagian makan bagi seluruh masyarakat Kampung Konja Raya dimana terdapat 6 Kampung yang terdiri dari Kampung Konja, Kampung Konja Barat, Kampung Maan, Kampung Yarat, Kampung Yarat Timur, Kampung Howait dan Kampung Haenkanes.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian paket sembako sebanyak 125 paket yang diberikan secara simbolis kepada perwakilan warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya