Kejadian Tak Terduga Pasukan Pandawa Kostrad TNI saat Latihan di Kaki Gunung Lawu

VIVA Militer: Pasukan Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, Kostrad di Gunung Lawu.
Sumber :
  • Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa

VIVA – Ada sebuah kejadian tak terduga dialami prajurit TNI, Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa, Kostrad, saat melaksanakan latihan pratugas di kawasan Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jadi, baru beberapa hari menginjakkan kaki di gunung berketinggian 3265 mdpl (meter dari permukaan laut), tiba-tiba saja pos Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa di Daerah Latihan (Rahlat) didatangi sejumlah orang.

Nah menurut Penerangan Yonif MR 411/Pandawa dilansir VIVA Militer, Jumat 2 Desember 2022, mereka yang datang itu bukan warga biasa. Tapi anak-anak yang berasal dari kampung-kampung sekitar daerah latihan.

Lalu, mau apa anak-anak itu datang ke Pos Rahlat Pasukan Pandawa?.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, Kostrad di Gunung Lawu.

Photo :
  • Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa

Ternyata anak-anak itu tak cuma sekadar ingin main di pos rahlat, tapi ingin mengenal lebih jauh tentang sosok prajurit TNI Angkatan Darat. Terutama soal tugas dari seorang tentara militer Indonesia.

Anak-anak itu mau mendatangi pos Pasukan Pandawa Kostrad karena mereka merasa nyaman atas sikap humanis yang ditunjukkan ksatria 411 selama berinteraksi dengan masyarakat di daerah latihan.

Prajurit Pandawa Kostrad juga senang dikunjungi anak-anak itu. Buktinya dengan ramah, prajurit mau berdiskusi dengan anak-anak dan membagikan permen tanda persahabatan.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, Kostrad di Gunung Lawu.

Photo :
  • Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa

Perlu diketahui, Pasukan Pandawa dikerahkan ke Gunung Lawu untuk melaksanakan latihan taktis tingkat batalyon di bawah pengawasan Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Mekanis Raider 6/TSB/2 Kostrad Kolonel Inf Andrian Siregar sebagai wakil komandan latihan (wadanlat)

Kegiatan itu digelar untuk mematangkan kesiapan prajurit jelang diberangkatkan untuk melaksanakan operasi satuan tugas organik di wilayah Papua Barat di bawah pimpinan Letnan Kolonel Inf Subandi.

Selain latihan, selama berada di Gunung Lawu, prajurit Pandawa Kostrad juga menggelar berbagai kegiatan teritorial, salah satunya adalah membeli hasil bumi masyarakat setempat dengan tujuan agar mendongkrak perekonomian masyarakat.

Baca: Kisah Nyata Komandan Tengkorak Kostrad TNI Vs Pentolan OPM di Balik Kabut Malam Mencekam Hutan Papua