Honda Indonesia: Tarik Produk Itu Bukan Aib

Sumber :

VIVAnews - Sebanyak 646.000 Honda Jazz keluaran tahun 2001-2008 ditarik atau di-recall dari seluruh dunia, kecuali Indonesia. Honda Indonesia menekankan, bahwa penarikan produk akibat cacat produksi itu bukanlah suatu aib.

"Kita itu harus jujur. Recall itu bukan aib, dan menurut kita kejujuran itu sangat penting. Karena dampaknya bisa membahayakan konsumen," kata Jonfis Fandy, Marketing Director Honda Prospect Motor, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 30 Januari 2010.

Menurut Jonfis, cacat produksi itu selalu terjadi dalam setiap industri, termasuk otomotif. Maka itu, setiap produsen selalu memberikan garansi pada semua produk yang dihasilkan.

"Namanya produk, tidak ada yang sempurna. Dan recall itu sebenarnya satu bentuk kejujuran dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk)," kata dia.

Untuk penarikan produk itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, dan tergantung dari bentuk teknis kesalahan pembuatan. Misalnya, penarikan dilakukan khusus untuk produk-produk dari nomor rangka sekian sampai dengan sekian.

"Ada pula yang loncat-loncat. Namanya kerja, ada kesalahan mesin atau manusianya sendiri," tegas dia.

Biasanya, dalam penarikan satu produk, produsen akan mengganti bagian atau onderdil yang 'terjangkit' penyakit saja. "Tidak seluruhya diganti".

Seperti diketahui, Amerika Serikat sudah menyatakan resmi menarik sekitar 140.000 unit mobil Honda Jazz atau Fit. Begitu juga dengan Inggris yang menyatakan akan menarik produk hatchbacks itu.

Penarikan ini salah satunya dipicu kejadian di Afrika Selatan yang terjadi pada September 2009. Peristiwa ini merenggut nyawa anak berumur dua tahun bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Vanilla sedang tidur saat mobil itu terbakar.


ismoko.widjaya@vivanews.com