Benarkah Mobil Toyota di Indonesia Aman

Logo Mobil Listrik Toyota.
Sumber :
  • Insider.

VIVAnews - PT Toyota-Astra Motor menyatakan tidak akan menarik (recall) mobil-mobil yang bermasalah di Amerika Serikat. Pasalnya, mobil-mobil keluaran Asia dan Oceania, termasuk Indonesia, berbeda dengan keluaran Amerika Serikat.

"Toyota Indonesia tidak terlibat dalam penarikan itu," kata Direktur Marketing Toyota Astra, seperti dilansir laman Toyota Indonesia, Kamis 4 Februari 2010.

Karena itu, dia mengimbau kepada pelanggan Toyota agar tidak perlu khawatir menggunakan kendaraan Toyota. "Pelanggan tak perlu khawatir, Toyota yang berada di Asia aman," ujarnya.

Sebelumnya Toyota Motor Corp menyatakan telah mendapatkan cara mengatasi masalah pedal gas yang lengket itu. Toyota telah mengirimkan cara penanganan kepada karyawannya di seluruh dunia.

Toyota sendiri berkukuh pedal gas jarang mengalami lengket yang telah merenggut 19 korban tewas di Amerika Serikat itu.

Namun, baru awal pekan ini Toyota secara resmi mengumumkan menghentikan penjualan dan produksi delapan model, termasuk Camry yang paling laku di Amerika Serikat. Toyota juga menarik 2,3 juta mobil yang bermasalah itu.

Sebelumnya, VIVAnews memberitakan Honda memutuskan menarik model Jazz atau Fit yang diproduksi antara 2001-2008. Selain itu, Honda Indonesia juga menarik Honda City keluaran 2007-2008. Tindakan ini menyusul temuan masalah pada tombol jendela yang bisa mengakibatkan arus pendek jika kemasukan air sehingga bisa memicu api.

hadi.suprapto@vivanews.com