Bikin Avanza Baru Tak Semudah Membangun Candi Sewu

Toyota Avanza.
Sumber :
  • Dok

VIVA – Kehadiran Mitsubishi Xpander tidak hanya menyemarakkan pasar mobil keluarga di Indonesia, namun juga berdampak pada semakin sengitnya penjualan. Menurut data Gaikindo, Xpander beberapa kali mengungguli mobil sejuta umat, Toyota Avanza.

Meski demikian, PT Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek mobil Toyota di Tanah Air, mengaku tidak khawatir. Sebab, mereka memiliki penggemar sendiri. Hal itu diungkapkan oleh Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

“Kami melihat, dengan (penjualan) 6-7 ribu unit per bulan, konsumennya masih ada. Jadi, orang masih percaya dengan Avanza,” ujarnya di pameran GIIAS 2018, Senin 6 Agustus 2018.

Terkait menghadirkan generasi baru untuk menyaingi Xpander dan Suzuki Ertiga baru yang belum lama ini meluncur, pria yang akrab disapa Soerjo itu mengaku bahwa hal itu tidak mudah.

Ia menjelaskan, proses pembuatan mobil dari konsep hingga menjadi produk yang bisa dijual, bisa memakan waktu hingga lima tahun. Tidak secepat kisah legenda Bandung Bondowoso, yang membangun Candi Sewu dalam waktu satu malam saja.

“Kami membuat pasar mulai dari nol, itu kurang lebih lima tahun. Seperti dulu, cerita bisa ada Avanza di Indonesia, itu lima tahun kami lakukan riset sebelumnya, dari 1999. Itu kalo ubahannya sangat signifikan dan baru,” tuturnya.