Listrik Rumah Padam, Outlander PHEV Bisa Jadi Backup

Mitsubishi OUTLANDER PHEV.
Sumber :
  • Mitsubishi Motors

VIVA – Tak cuma sekadar mobil yang ramah lingkungan, Mitsubishi Outlander PHEV juga memiliki keuntungan lain bagi pemiliknya. Mobil yang diluncurkan di ajang GIIAS 2019 ini, bisa menjadi sumber listrik, di rumah atau lokasi yang mengalami putusnya aliran listrik.

Tak heran, bila mobil dengan teknologi plug-in hybrid electric vehicle itu ditawarkan dengan harga Rp1,289 miliar. Fitur yang ditawarkan, sangat sesuai dengan banderol yang harus dibayar.

Head of Technical Service and Customer Service Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwansyah Siregar menyatakan, Outlander PHEV bisa menjadi generator atau berfungsi layaknya powerbank.

"Pada saat kondisi baterai penuh, bisa dijadikan seperti powerbank. Tapi, dibatasi sampai 1.500 Watt dayanya," kata Irwansyah di ICE, BSD, Tangerang, Jumat 26 Juli 2019.

Caranya menggunakannya cukup mudah, sudah tersedia soket di bagasi belakang Outlander PHEV. Jika dibutuhkan untuk menjadi powerbank, Anda hanya tinggal colok saja beban yang mau dipasang, tanpa harus menyalakan mesin mobil.

"Misalnya, lampu, kulkas atau apa, tinggal colok saja di bagasi belakang. Memang hanya 1,5 kilo Watt maksimal yang bisa dikeluarkan," tuturnya.

Jika daya baterai tersisa 20 persen, otomatis mesin bensin akan menyala untuk mengisi daya ke baterai. "Kalau misalnya baterai penuh, bensin penuh, mati lampu berapa hari bisa dimanfaatkan,” jelasnya. (ren)