Pengakuan Sopir Mobil RI 1 saat Bawa Presiden Jokowi

Mobil Kepresiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Setkab.go.id

VIVA – Untuk menunjang kegiatannya sebagai kepala negara, Presiden Jokowi diberikan fasilitas berupa kendaraan dinas. Umumnya, mobil yang ia gunakan adalah Mercedes-Benz S600 Guard dengan pelat nomor RI 1.

Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Piping Supriatna mengatakan, semua pengaturan jadwal pemakaian sampai perawatan berkalanya akan dilakukan oleh Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.

"Nanti, semua pemeliharannya, termasuk servis dan lain-lainnya, akan diatur oleh Paspampres," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id belum lama ini.

Anggota Paspampres juga didapuk sebagai pengemudi mobil buatan Jerman itu. Dilansir dari laman YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 3 Januari 2020, sopir tersebut bernama Zulkarnain.

Mengenakan kemeja dengan tulisan Paspampres di dada kiri, ia bercerita soal keseharian membawa mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkeliling Indonesia.

“Pengalaman seru saya selama bawa bapak presiden, ya perjalanan jauh. Tantangannya luar biasa,” ujarnya.

Zulkarnain mengatakan, bagaimana ia harus tetap menjaga konsentrasi selama perjalanan. Sebab, ada hal yang harus dijaga olehnya.

“Butuh konsentrasi. Kalau tidak, rawan. Karena, bawa presiden itu kan harus nyaman dan aman,” tuturnya.