Lamborghini Luncurkan Mobil ala Batmobile

Lamborghini SC20
Sumber :
  • Lamborghini

VIVA – Lamborghini pada tahun ini banyak menghadirkan mobil yang menarik perhatian. Mulai dari Lamborghini Huracan STO, hingga hypercar Essenza SVC12 yang dirancang khusus untuk penggunaan di sirkuit balap.

Sebagai penutup tahun, pabrikan otomotif asal Italia itu meluncurkan model lain yang tidak kalah keren, yakni Lamborghini SC20.

Saat dilihat, wujud dari mobil baru ini mirip dengan kendaraan yang digunakan oleh komik pahlawan super terbitan DC Comics, yakni Batmobile edisi lama.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Indianautosblog, Jumat 18 Desember 2020, kode SC pada mobil ini berarti Squadra Corse, yaitu divisi balap dari Lamborghini yang bermarkas di Sant'Agata Bolognese.

Desainnya merupakan gabungan dari produk Lamborghini yang sudah pernah dihadirkan sebelumnya, yakni Diablo VT Roadster, Aventador J, Veneno Roadster, dan Concept S.

Seluruh bagian bodinya dibuat dari serat karbon yang terkenal kuat dan ringan, serta dirancang dengan tingkat aerodinamika tinggi di terowongan angin agar memberi traksi maksimal tanpa mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Photo :
  • Lamborghini

Sama seperti eksterior, bagian kabinnya juga dibuat menggunakan material serat karbon. Lubang AC dicetak menggunakan printer tiga dimensi, dan hanya tuas pembuka pintu yang memakai bahan aluminium.

Bukan Lamborghini namanya jika tidak memasang mesin dengan performa tinggi. Saat kap mesin di bagian belakang dibuka, terlihat jantung pacu 12 silinder berkapasitas 6.500cc milik Aventador.

Tapi, tenaga yang dihasilkan mesin SC20 bisa mencapai 770 daya kuda serta torsi 720 Newton meter, setara dengan Aventador SJV.

Seluruh tenaga disalurkan transmisi tujuh percepatan ke seluruh roda, yang menggunakan pelek berukuran 20 inci di bagian depan dan 21 inci di belakang.

Kabar buruknya, Lamborghini hanya membuat mobil ini satu unit saja. Pemiliknya adalah seorang konsumen, yang terlibat dalam pengembangan SC20 sejak mereka pertama membuat sketsa. Uniknya, mobil ini bisa digunakan di jalan raya karena sudah dibekali kaca spion dan dudukan pelat nomor.