Hampir 5.000 Lamborghini Huracan Kena Recall karena Sekrup

Lamborghini Huracan Evo mendarat di Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/ Septian Farhan Nurhuda

VIVA –  Lamborghini terpaksa melakukan penarikan kembali atau recall untuk model Huracan. Ini menyusul adanya permasalahan komponen pada sport car tersebut.

Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?

Seperti dilansir dari AutoEvolution, Selasa 22 Februari 2022, recall ini diminta oleh Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Penarikan dilakukan pada 4.796 Lamborghini Huracan karena masalah sekrup lampu depan. Lamborghini sendiri akui menjual unit Huracan tanpa penutup sekrup lampu depan.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Alasan dari pabrikan mobil mahal dari Italia itu karena agar memudahkan pemilik mobil dalam mengatur lampu utama. Tapi, mereka sadar tak ada tutup blanking di atas sekrup penyetelan horizontal lampu depan.

Di mana hal tersebut tak sesuai dengan standar keselamatan. Pada 4 Maret 2020 mereka kemudian menginformasikan kesalahan itu pada NHTSA.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Hanya saja di saat yang bersamaan mereka mengajukan petisi “Inconsequential Noncompliance” ke lembaga resmi Amerika Serikat itu. Karena beralasan tidak membahayakan.

Tapi NHTSA menilai Lamborghini Huracan tidak dilengkapi dengan kelengkapan Vehicle Headlamp Aiming Device (VHAD) atau pengatur posisi lampu manual. Jadi, pemilik mobil sebenarnya tak bisa mengatur sendiri posisi lampu.

"Hal itu mengakibatkan silau bagi pengendara atau pengguna jalan lain, berkurangnya jarak pandang di salah satu sisi jalan, dan berkurangnya jarak pandang di jalan. Meningkatkan risiko kecelakaan,” bunyi pernyataan NHTSA.

Kini, Lamborghini Huracan pun harus ditarik kembali dari konsumen. Pemilik mobil takkan mengeluarkan biaya untuk perbaikan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya