Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Bermasalah Pompa Bahan Bakar, Apa Efeknya Jika Tak Diganti?

Suzuki Jimny kena recall
Sumber :

Jakarta, 16 April 2024  –  PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) melakukan recall untuk Jimny 3 Pintu, atau disebut program Suzuki Product Quality Update. Pemilik mobil Suzuki Jimny 3 Pintu diharapkan membawa mobilnya ke bengkel resmi karena adanya masalah pada fuel pump.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Dalam keterangan PT SIS yang dikutip VIVA Otomotif, Selasa 16 April 2024, penggantian Fuel Pump Set karena terdapat potensi degradasi kualitas pada komponen tersebut setelah penggunaan jangka
panjang. Masalah utama terdapat pada kondisi impeller penyalur bahan bakar pada Fuel Pump yang terbuat dari bahan resin, yang berpotensi berubah bentuk akibat ketidaksempurnaan kepadatan material. 

Maka itu, Suzuki meminta para pemilik mobil Jimny 3 Pintu yang diproduksi dalam waktu rentang 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019 untuk dibawa ke bengkel resmi. Total, ada 448 unit bakal recall.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Suzuki Jimny di GIIAS 2019.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dan menjaga kualitas pelayanan, penggantian komponen ini, baik barang baru maupun jasanya, tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Lalu bagaimana dampaknya pemilik mobil tak mengganti komponen bermasalah itu?

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

"Kerugian yang diakibatkan oleh malfungsi Fuel Pump sangat jarang terjadi. Namun, Fuel Pump yang berperan untuk memompa bahan bakar dari tangki mobil ke ruang pembakaran mesin di dalam mobil ini merupakan komponen penting yang perlu diperhatikan. Dengan kondisi parts Fuel Pump yang kurang sempurna ini, kami khawatir akan berdampak pada fungsi Fuel Pump yang tidak normal dalam jangka panjang," bunyi pernyataan Suzuki.

Suzuki juga memastikan bahwa pemilik Jimny 3 pintu yang dijamin oleh garansi resmi dapat memanfaatkannya jika dibutuhkan tindakan servis di bengkel resmi, jika masalah ini terjadi. Namun, jika garansi habis, pelanggan akan mendapat garansi 20.000 Km atau 1 tahun untuk parts Fuel Pump Set.

Brand asal Jepang ini juga menegaskan Suzuki telah melakukan riset dan pengecekan mendalam mengenai komponen lain yang berpotensi terdampak akibat malfungsi pada Fuel Pump. Berdasarkan hasil temuannya, malfungsi pada Fuel Pump Jimny 3 pintu tidak berpengaruh terhadap komponen mobil lainnya. 

Suzuki Jimny diajak melibas trek offroad di BSD, Tangerang

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Untuk tetap menjaga kualitas produk, serta memastikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan berkendara, Suzuki menghimbau para pelanggan untuk melakukan service berkala di Bengkel Resmi Suzuki sesuai dengan kebutuhan dan manual kendaraan yang dimiliki. Booking service dapat dilakukan secara mandiri melalui layanan yang telah tersedia seperti Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau Whatsapp Halo Suzuki di nomor 0811-1993-0800. 

Selain itu, Suzuki juga memberikan kemudahan lain dalam melakukan booking service yaitu melalui fitur live chat yang tersedia di website www.suzuki.co.id dan akan langsung mendapatkan tanggapan dari tim profesional Suzuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya