Cara Mudah Jaga Harga Jual Mobil Mitsubishi Tetap Tinggi

Ilustrasi Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Black Edition
Sumber :
  • dok. MMKSI

VIVA – Nama Mitsubishi dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai produsen mobil yang memiliki tampilan keren serta performa tinggi. Bahkan, ada beberapa produk mereka yang sampai saat ini masih jadi pembicaraan.

Mulai dari sedan Mitsubishi Lancer, Eterna hingga Galant, hingga kendaraan keluarga Mitsubishi Xpander yang digadang-gadang jadi pesaing ketat mobil sejuta umat.

Harga model tersebut di pasar mobil bekas juga masih relatif tinggi, sebagian karena merupakan produk yang dianggap legendaris. Sementara, nilai jual kembali Xpander paling baik di kelasnya karena disukai oleh konsumen.

Namun, untuk menjaga resale value dibutuhkan beberapa hal dari sang pemilik. Hal itu diungkapkan oleh Head of After Sales and Customer Relations Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Boediarto.

“Pertama, lakukan servis berkala dan perbaikan di bengkel resmi Mitsubishi. Biar rekam jejak mobil tersebut bisa diketahui, jadi semua datanya ada lengkap,” ujarnya, dikutip dalam keterangannya, Kamis 31 Desember 2020.

Selain itu, Boediarto juga menganjurkan agar para pemilik mobil Mitsubishi, termasuk Xpander untuk selalu menggunakan suku cadang atau onderdil asli.

“Biar standar dan kualitasnya tetap terjaga,” tuturnya.

Berikutnya, hindari memasang aksesori yang bersifat elektrikal atau membutuhkan arus listrik. Sebab, ubahan pada kabel atau rumah sekring bisa mempengaruhi kinerja maupun keamanan mobil.

“Kondisi eksterior dan interior juga mempengaruhi harga jual kembali kendaraan, termasuk kebersihan ruang mesin. Bisa juga setiap enam bulan dibawa ke salon mobil,” ungkapnya.

Terakhir, yakni menggunakan bahan bakar minyak sesuai dengan spesifikasi mesin. Perbedaan kualitas bensin bisa menyebabkan performa mesin turun, boros BBM dan dalam jangka panjang berdampak pada komponen jantung pacu.

Sebagai informasi, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, Herjanto Kosasih pernah mengatakan bahwa saat ini harga jual kembali Low MPV yang paling bagus adalah Xpander.

“Xpander resale value-nya paling tinggi. Bahkan, para pemilik Toyota Innova yang mau downgrade pilihnya Xpander, karena sama-sama luas dan nyaman,” ujarnya kepada VIVA Otomotif belum lama ini.