Mantan Pengawal Presiden Ini Punya Puluhan Mobil Mewah

Mobil milik Norman Chisale yang disita tim antikorupsi Malawi
Sumber :
  • Bizmalawi

VIVA – Nama Norman Chisale mungkin terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, namun rakyat Malawi di Afrika Timur sudah sangat mengenal pria tersebut.

Norman dulunya bekerja sebagai pengawal mantan Presiden Malawi, Peter Mutharika. Saat atasannya itu kalah dalam pemilihan pada tahun lalu, Norman memutuskan untuk pensiun dan berwiraswasta.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mg, Jumat 26 Maret 2021, Norman belum lama ini diperiksa terkait kasus korupsi yang menjerat Peter.

Pasukan antikorupsi yang dibentuk tahun lalu mendatangi rumah Norman, dan menemukan bahwa ia memiliki puluhan mobil mewah berbagai merek.

Total ada 78 unit kendaraan yang tersimpan di garasinya, mulai dari Range Rover, Mercedes-Benz, BMW, hingga Hummer.

Tipe yang ia miliki berbeda-beda, namun umumnya mengusung bentuk sport utility vehicle atau SUV. Seperti BMW X5, Toyota Land Cruiser dan Jeep Wrangler.

Petugas juga mengungkapkan fakta, bahwa Norman memiliki rekening dengan nominal 100 juta Kwacha atau setara Rp1,8 miliar.

Selain itu, ia diketahui punya banyak properti di Afrika Selatan serta Rusia. Total kekayaannya diprediksi mencapai 1,7 miliar Kwacha atau sekitar Rp31 miliar.

Padahal, gajinya per bulan saat mengawal Peter hanya 1,2 juta Kwacha atau setara Rp22 juta saja. Sebelum menjadi pengawal, Norman diketahui bekerja sebagai petugas valet untuk presiden sebelumnya.

Sebagai informasi, satu unit Land Cruiser dalam kondisi baru dijual di Indonesia dengan banderol Rp2 miliaran. Harga serupa juga ditawarkan Jeep untuk tipe Wrangler.