Toyota Turunkan Harga Mobil di Indonesia

Toyota Corolla Cross saat diuji coba
Sumber :
  • dok. Toyota Astra Motor

VIVA – Setiap tahun harga jual mobil di Indonesia umumnya mengalami kenaikan, yang diakibatnya adanya penyesuaian terhadap pajak dan bea balik nama.

Selain itu, perubahan harga juga dipengaruhi naiknya harga komponen yang digunakan untuk proses pembuatan, serta nilai tukar rupiah untuk beberapa bagian dari mobil yang masih diimpor dari luar negeri.

Namun, pada bulan ini Toyota justru menurunkan harga jual mereka untuk beberapa model yang ditawarkan ke konsumen.

“Ada penyesuaian harga untuk beberapa model,” ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi saat dihubungi VIVA Otomotif Senin 18 Oktober 2021.

Dari data yang ada di laman resmi TAM, diketahui bahwa ada 15 model mobil yang dijual dengan banderol lebih murah dari pekan lalu. Daftar harga ini efektif berlaku mulai 16 Oktober kemarin.

Tanggal tersebut merupakan awal diberlakukannya penghitungan pajak barang mewah atau PPnBM untuk kendaraan bermotor, yang besarannya berdasarkan emisi karbon.

Jadi, PPnBM tidak lagi didasarkan dari jenis kendaraan dan kapasitas mesin saja, namun juga seberapa banyak emisi yang dikeluarkan oleh mesin.