Mitsubishi Hadirkan Mobil Baru yang Tangguh di Jalan Ekstrim

Mitsubishi Triton baru
Sumber :
  • Mitsubishi

VIVA – Selain mengandalkan kendaraan listrik, salah satu cara menekan polusi udara adalah meningkatkan standar emisi gas buang bagi setiap kendaraan bermotor yang masih mengandalkan mesin berbahan bakar minyak.

Hal itu lah yang diterapkan pemerintah Indonesia saat ini, terutama untuk mobil komersial, atau jenis penumpang dengan mesin diesel.

Sejak dua bulan lalu mobil baru yang dijual ke pasaran, terutama peminum solar wajib memiliki standar emisi gas buang Euro 4. Sehingga pabrikan melakukan perusabahan pada sejumlah komponen agar sesuai aturan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4, yang berlaku pada 12 April 2022. 

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjadi salah satu distributor yang sudah melakukan perubahan pada dapur pacu produknya, seperti Pajero Sport, dan Triton.

Dari kedua produk bermesin diesel tersebut, Pajero Sport adalah model pertama mereka yang diberikan perubahan agar berstandar Euro 4 sejak April. Sedangkan Triton baru mengalami perubahan emisi gass buang di 18 Mei 2022.

Tidak cukup sampai di situ, distributor mobil berlogo tiga berlian tersebut kembali merilis Triton dengan sejumlah penyegaran untuk memikat konsumen.

Menegaskan kesan gagah dari mobil pengangkut barang tersebut, Mitsubishi memberikan perubahan warna pada eksteriornya.

Dibalut kelir hitam pada grill depan, gagang pintu, spion, garnis bawah bumper depan, pijakan kaki, lampu utama, bumper belakang, dan gagang pembuka bagasi.

Selain penyegaran tampilan luar, jantung pacu mobil kabin ganda, dan kabin tunggal tersebut sudah berstandar Euro 4. Tetap mengandalkan mesin diesel berkode 4N15 MIVEC 2.400cc, dan 4D56 dengan volume silinder 2.500cc.

Kedua mesin peminum solar itu didukung intercooler, dan turbo direct injeksi diesel. Tenaga terbesar yang dihasilkan berasal dari mesin 2.400cc yang mencapai 181 PS di 3.500 rpm, dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm.

Mitsubishi Triton yang dijual kepada konsumen di Indonesia telah dilengkapi mesin berspesifikasi Euro 4,” ujar Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura dikutip Viva Otomotif dari keterangan resminya, Jumat 17 Juni

Mengingat emisi karbon yang dihasilkan lebih rendah dari sebelumnya, maka bahan bakar yang direkomendasikan berlabel diesel EN590, atau memiliki angka cetane 51, dan sulfur kurang dari 50 ppm (part per million).

Sekadar informasi, Mitsubishi Triton adalah mobil tangguh yang kerap diandalkan di medan jalan ekstrim atau off road. Memiliki penggerak empat roda, mobil pengangkut barang tersebut biasanya digunakan di area pertambangan, atau pertanian.