Penjualan Masih Oke, Ford Malah Tutup di Indonesia

Sumber :
  • www.rushlane.com

VIVA.co.id – Kabar mengejutkan datang dari Ford Indonesia. PT Ford Motor Indonesia (HMI) selaku agen tunggal pemegang merek Ford di Indonesia memutuskan stop beroperasi. Padahal penjualan Ford terbilang oke di Indonesia.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sepanjang tahun 2015, sebenarnya penjualan Ford terbilang masih lumayan. Bahkan lebih baik dibandingkan beberapa ATPM lainnya.

Total Ford berhasil menjual sebanyak 6.103 unit kendaraan sepanjang tahun 2015 lalu. Jika dirata-rata, maka FMI mampu menjual sekitar 300 hingga 400 unit per bulan. Angka itu bahkan mampu unggul jauh dari beberapa APTM seperti KIA, Chevrolet, hingga Tata Motors.

Masih dari data GAIKINDO, penyumbang terbesar bagi penjualan Ford di Indonesia pada 2015 lalu adalah Ford Ecosport yang mampu terjual hingga 3.331 unit. Diikuti Ford Fiesta dengan total penjualan sebanyak 891 unit.

Nah, melihat penjualan mobil Ford yang terbilang masih lumayan ini tentu menjadi tanya alasan FMI menghentikan aktivitasnya di Indonesia.