Mobil Murah 7 Penumpang Bakal Caplok Pasar 5 'Seater'?

Tampilan belakang New Brio 1.2
Sumber :
  • Dokumentasi Honda Prospect Motor (HPM)

VIVA.co.id – Pasar mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) dengan kapasitas tujuh penumpang saat ini masih menjadi milik Datsun Go+Panca. Dalam waktu dekat, Toyota dan Daihatsu siap menambah dan meluncurkan penantangnya, yaitu Cayla dan Siagra.

Suzuki juga tak mau ketinggalan tengah memasang ‘kuda-kuda’ untuk meramaikan pasar ini. Mengenai hal tersebut, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengaku tak ingin mempersoalkan maraknya mobil-mobil LCGC 7 seater.

Jonfis berkeyakinan bahwa LCGC 7 seater tak akan mencaplok pasar mobil murah 5 penumpang di mana Honda saat ini hadir dengan mobil Brio.

“Yang saya bicarakan di sini segmen pemakainya berbeda. Mungkn ada segmennya masing-masing antara 7 seater dan 5 seater,” kata Jonfis saat ditemui di kawasan Cibodas, Jawa Barat, Kamis malam, 2 Juni 2016.

Hadirnya LCGC tujuh penumpang tidak akan berpengaruh banyak LCGC lima penumpang. Jika Toyota dan Daihatsu menghadirkan LCGC 7 seater, tentu hal itu menurut dia, telah lebih dahulu dipertimbangkan sehingga tak akan memakan segmen LCGC 5 seater

Jonfis pun mencontohkan, ketika Honda meluncurkan HR-V, maka hal itu akan mematikan si hatchback, Jazz. “Apakah Jazz mati? Tapi ternyata tidak. karena ada segmennya masing-masing dan beda kebutuhan,” ujarnya.

“Apalagi dia makan sendiri, Brio dan Agya sendiri segmennya berbeda. Jadi tidak akan ganggu, dan mereka (7 seater dan 5 seater) juga tidak saling makan. Karena pasti berbeda dua mobil dengan LCGC dan segmennya juga,” katanya.