Honda Mobilio Hilang dari Daftar Penjualan, Setop Produksi?

New Honda Mobilio
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Honda pada awal tahun ini berhasil menjual 7.727 unit mobil buatan mereka di Indonesia. Angka tersebut sedikit lebih baik dari bulan yang sama tahun lalu, dengan selisih lebih tinggi 9,3 persen.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Model Brio dan BR-V memberikan kontribusi tertinggi untuk penjualan Honda, meski produksi di Januari masih terkena dampak dari keterbatasan pasokan komponen semikonduktor atau chip.

“Pada bulan lalu, penjualan Honda dipengaruhi pasokan komponen yang belum normal dan juga sebagian konsumen yang menunda pembelian karena menunggu kembali berlakunya insentif PPnBM,” ujar Business Innovation and Marketing merangkap Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy dalam keterangan resmii.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Sepanjang Januari 2022, Honda Brio dikirim dari diler ke konsumen sebanyak 3.993 unit, sedangkan generasi terbaru BR-V didistribusikan 1.504 unit. Kontribusi lainnya datang dari HR-V 1.5L sebanyak 895 unit, CR-V 597 unit, City Hatchback 446 unit, dan Mobilio 180 unit.

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Dari penelusuran VIVA Otomotif, Rabu 16 Februari 2022 di laman Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, tidak terlihat adanya nama Mobilio dalam daftar mobil yang didistribusikan dari pabrik ke diler pada bulan lalu.

Saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Billy menuturkan bahwa Mobilio untuk sementara dihentikan produksinya karena komponen semikonduktor yang ada dipakai untuk memenuhi inden Brio.

“Sampai bulan ini, kami memprioritaskan produksi untuk model-model yang back order-nya sudah sangat tinggi seperti Honda Brio, di mana komponen yang terbatas itu sama dengan Honda Mobilio,” tuturnya kepada VIVA Otomotif

Meski demikian, Billy memastikan bahwa pihaknya berencana akan mulai memproduksi kembali mobil yang masuk ke dalam kategori low multi purpose vehicle atau LMPV itu, di bulan depan.

“Saat ini permintaan untuk Mobilio masih ada, dan kami berencana untuk kembali memproduksi di bulan depan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Honda Mobilio yang dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.500cc, saat ini ditawarkan dalam lima tipe dan dijual dengan harga mulai dari Rp197 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya