Volvo Berencana Rakit Truk Barunya di Indonesia

UD Trucks Quester 8x2R
Sumber :
  • VIVA.co.id/Toto Pribadi

VIVA – Segmen light duty truck di Indonesia akan semakin ramai. Sebab Volvo Group Indonesia bakal meluncurkan produk baru, UD Trucks new Kruzer.

Mobil ini sempat diboyong ke pameran otomotif GIIAS 2017 pada Agustus lalu, dan rencananya akan meluncur secara resmi untuk para pengusaha dan pemilik kendaraan niaga di Tanah Air.

Presiden Direktur Volvo Indonesia, Valery Muyard mengatakan, strategi Volvo Group Indonesia menambah line-up truk di segmen light duty karena pasarnya yang masih cukup besar.

"Kami tahu bahwa market Indonesia ini sangat besar, dengan luasnya wilayah di Indonesia jelas kebutuhan kendaraan angkut juga tinggi. Apalagi segmen light duty truk masih sangat bagus," kata Muyard di Senayan, Jakarta.

Lantas akankah produk baru UD Trucks tersebut dirakit di Indonesia, mengingat UD Trucks sudah memiliki fasilitas perakitan di Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara? Muyard mengatakan, pihaknya akan merakit truk tersebut dalam jangka waktu panjang.

"Ya kami memang ada rencana untuk melakukan perakitan di Indonesia, tetapi secara bertahap. Kami harus melihat dulu penjualannya dan volume truk kami di Indonesia," ujarnya.

Percaya Diri

Muyard menegaskan Volvo masih tetap percaya diri untuk memenuhi kebutuhan konsumen di segmen kendaraan niaga, khusunya truk. Apalagi pada kuartal empat tahun ini saja, gejala ekonomi dikatakan membaik.

Bahkan diprediksi tahun depan pasar otomotif khususnya segmen truk bisa meningkat. Sehingga diproyeksikan penjualan truk Volvo juga bisa lebih baik dibandingkan tahun ini. "Kami rasa tahun 2018 bisa menjadi lebih baik daripada 2017. Mungkin tidak berbeda jomplang, tapi bisa meningkat 10-20 persen," kata dia.

Keyakinan penjualan tersebut meningkat, melihat mulai banyaknya pembangunan yang sudah pasti membutuhkan kendaraan angkut seperti truk besar. "Tahun ini kami telah melihat peningkatan besar di pasar commercial vehicle terutama berkat dorongan dari sektor konstruksi dan pertambangan.
Produk kami produk bagus dan orang-orang makin menghargai. Sehingga bisa tetap percaya diri," kata dia.

Diketahui saat ini Volvo bukanlah satu-satunya truk asal dataran Eropa yang menjajakan produk di Indonesia. Volvo bersaing dengan beberapa produk seperti Mercedes-Benz, Scania, dan MAN.