Adu Fitur Yamaha FreeGo dan Lexi, Pilih Mana

Yamaha luncurkan skutik FreeGo di IMOS 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memiliki banyak model skuter matik bermesin 125cc. Jika sebelumnya telah diluncurkan Lexi untuk pecinta otomotif dalam negeri, kini pabrikan menawarkan produk terbarunya bernama FreeGo. 

Manager Marketing YIMM, Antonius Widiantoro mengklaim, meski sama-sama lahir sebagai skuter matik dan mengusung mesin bensin 125cc, antara FreeGo dan Lexi tidak akan saling menggangu. Terlebih ia menyebut motor baru itu merupakan produk terbaik skutik milik Yamaha. 

"Kalau Yamaha FreeGo ini top product di segmen skuter matik. Nah, untuk Lexi itu entry level di segmen Maxi (skutir besar) Yamaha. Jadi berbeda segmennya," kata Antonius Jakarta, Senin, 5 November 2018. 

Jika dillihat dari tampilan luarnya, antara Yamaha FreeGo dan Lexi memang memiliki perbedaan cukup jelas. Mulai dari desain bodi, lampu depan dan belakang, bentuk jok, hingga peleknya. 

Pilihan warna untuk keduanya juga berbeda, FreeGo memiliki empat warna, yakni Matte Black, Mettalic Red, Metallic Blue, dan Mettalic White. Warna yang bisa dipilih untuk Lexi, Matte Black, Matte Red, Matte Grey, serta white.

Skutik FreeGo memiliki dimensi panjang 1.905 milimeter, 690 mm, dan tinggi 1.100 mm. Sementara Yamaha Lexi, panjangnya 1.970 mm, lebar 720 mm, dan tingginya 1.135 mm. FreeGo dijejali pelek berdiamater 12 inci, dan Lexi bermodal pelek diamater 14 inci dengan desain berbeda.

Yamaha hanya mengandalkan pendingin udara untuk membuat ‘adem’ mesin FreeGo, pada Lexi sudah disematkan radiator untuk memastikan suhu mesin tetap terjaga.

Fitur-fitur yang disematkan pada skutik FreeGo antara lain volume bagasi 25 liter, USB charger untuk ponsel, lampu LED, lampu hazard, panel instrumen digital, serta pengisian bensin yang ada di sisi kiri depan.

Pembeli Lexi, bisa menikmati beberapa fitur di motornya mulai dari bagasi yakni 12,8 liter, lampu hazard, ban tubeless, ruang kaki yang luas, jok yang lebih panjang daripada skutik FreeGo, serta fitur Stop & Start System

Terkait harga, Yamaha FreeGo dibanderol mulai dari Rp18,5 juta on the road. Sementara Lexi yang menjadi kelas pemula di segmen Maxi Yamaha bisa membawa pulang dengan menyiapkan dana mulai dari Rp20,15 juta.