Motor Honda Ini Kecil-kecil Cabe Rawit

Modifikasi motor Honda Super Cub (kanan)
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Super Cub C125 menjadi sepeda motor jenis bebek paling mahal, yang pernah dibuat oleh Honda. Kuda besi ini ditawarkan di Indonesia dengan banderol Rp72,7 juta on the road Jakarta.

Biasanya motor yang harganya mahal akan dibiarkan apa adanya, jauh dari sentuhan modifikasi. Namun di Jepang, motor tersebut justru mengalami rombakan besar-besaran.

Wujudnya diubah jadi lebih pendek, sehingga terlihat layaknya motor liliput. Tak hanya itu, jantung pacunya juga diubah untuk menyesuaikan dimensinya yang baru.

Dilansir VIVA Otomotif dari Rideapart, Kamis 10 September 2020, motor yang jadi bahan modifikasi adalah Honda Super Cub versi C70, yang hanya dipasarkan di Negeri Matahari Terbit.

Baca juga: Cara Parkir Paralel ala Pengemudi Innova yang Viral

Pemilik memotong rangka kendaraan yang ada di bagian tengah, kemudian menyambungkan setang ke rumah tangki bahan bakar. Dengan cara itu, maka dimensi panjang motor dipangkas sekitar 30-40 sentimeter.

Karena jarak antara bodi dengan roda depan semakin dekat, maka tidak tersisa ruang bagi mesin. Sang pemilik memutuskan untuk memasang bukan satu, melainkan dua mesin di sisi kiri dan kanan.

Masing-masing tenaga penggerak tersambung ke roda belakang melalui sepasang gir dan rantai, yang ada di sisi kiri dan kanan. Sayangnya, tidak disebutkan spesifikasi dapur pacu yang digunakan, namun yang jelas performanya jauh lebih besar dari kondisi standar.

Bodi motor kemudian dicat dengan warna abu-abu, dan di bagian depan dipasangi fairing berkelir putih yang sudah dimodifikasi agar ukurannya sesuai dengan dimensi baru dari motor tersebut.