Segini Gaji yang Pantas Kredit Motor Honda PCX atau Yamaha NMAX

Honda PCX 160
Sumber :
  • Honda Jepang

VIVA – Setiap tahun jutaan unit sepeda motor terjual di Indonesia, kendaraan roda dua itu menjadi alat transportasi plaing digemari. Selain harganya yang relatif murah, penggunanya lebih fleksibel saat mobilitas terutama saat jalan macet.

Mengingat harganya lebih murah dibandingkan mobil, maka tidak heran jika tingkat kepemiilikan kendaraan roda dua itu lebih tinggi. Hal tersebut juga sejalan dari penghasilan sebagian besar karyawan yang hidup di Ibu Kota.

Mengutip beberapa sumber, rata-rata penghasilan karyawan swasta di Jakarta hanya menerima gaji sesuai UMR (Upah Minimum Regional). Artinya pendapatan mereka per bulan menyentuh angka Rp4,4 jutaan sesuai UMR DKI 2021.

Photo :
  • 100KPJ.com

Yamaha NMax 155 baru.

Salah satu tim survey Adira Finance, Andi mengatakan, setiap perusahaan pembiyaan akan melihat gaji calon debitur sebelum setuju dengan kreditan motor yang diajukan. Minimal pendapatan harus tiga kali lipat lebih besar dari cicilan.

“Kalau gaji UMR Jakarta, pilihan motik yang bisa dikredit ada Yamaha Mio series, Fino, FreeGo, dan paling mewah Lexi. Kalau Honda masih bisa kredit BeAT, Vario 110, dan mewahnya Scoopy,” ujarnya kepada Viva Otomotif, Kamis 28 Oktober 2021.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, dengan gaji di bawah Rp5 juta atau sesui UMR motor-motor tersebut bisa menjadi pilhan. “Biasanya DP paling rendah 20 persen dan mudah untuk diproses, apalagi jika lebih dari itu,” tuturnya.