Alasan Rutinitas Panasi Motor di Pagi Hari Perlu Dilakukan

Ilustrasi pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Saat ini, masih banyak pemilik sepeda motor yang mempunyai rutinitas memanaskan kendaraannya tiap pagi hari sebelum digunakan. Yang menjadi pertanyaan, kenapa rutinitas ini perlu dilakukan?

Hal itu coba dijawab Kepala mekanik Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Sunter Jakarta Utara, Timbul. Menurutnya, pemanasan motor di pagi hari memang masih diperlukan baik motor dengan sistem karburator maupun injeksi.

"Baik karburator, atau injeksi tiap pagi hari masih harus dipanasin sebelum dipakai," kata Timbul kepada VIVA.co.id.

Ia menjelaskan, fungsi memanaskan motor di pagi hari untuk menjaga kesehatan aki motor. Sebab, saat mesin dalam keadaan mati, pasti ada kebocoran setrum di aki. Nah, nantinya mesin yang menyala akan membuat setrum sudah mengisi. "Fungsinya memang untuk mengisi aki," katanya.

Tak sampai di situ, memanaskan motor di pagi hari juga bermanfaat, yaitu mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik. Suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan.

"Jadi, dia melumasi part-part motor bila dipanaskan. Sistem kerja oli mesin juga enggak mendadak jalan, karena dia mutar dulu. Panasin motor jangan lama, paling sekitar satu-dua menit saja, biar bahan bakar enggak terbuang sia-sia," katanya. (asp)