Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 26 Maret 2020 | 20:24 WIB

Tips Perawatan Ringan Motor Sambil Kerja di Rumah

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Doers
Ilustrasi mengisi oli mesin motor

VIVA – Sejak pekan lalu, pemerintah meminta agar masyarakat Indonesia untuk sementara waktu menghabiskan waktu di dalam rumah. Sebab, wabah virus corona sudah ditetapkan sebagai bencana nasional.

Semua kegiatan otomatis dilakukan di rumah, mulai dari bekerja hingga belajar. Awalnya, banyak yang gembira dengan imbauan tersebut. Namun, setelah satu pekan ada yang mulai jenuh.

Baca Juga

Saat semua pekerjaan sudah selesai, maka yang bisa dilakukan hanya bercengkerama bersama keluarga atau menyaksikan hiburan melalui internet.

Jika kebetulan kamu punya sepeda motor yang digunakan untuk bekerja sehari-hari, maka ini kesempatan yang baik untuk melakukan perawatan ringan.

Terpopuler

Jika ini dilakukan secara teratur, maka nantinya kamu akan terbiasa melakukannya, dan akan terus dijalani saat situasi sudah kembali normal.

Dilansir dari laman Wahana Honda, Kamis 26 Maret 2020, yang pertama adalah mencuci motor. Bersihkan bagian bodi, mesin hingga bagian bawah jok.

Saat kondisinya bersih, kita dapat mengetahui kemungkinan kerusakan, seperti lecet bodi atau bagian mesin yang rembes oleh oli.

Periksa kondisi oli dengan cara memeriksa tingkat keenceran dan kuantitasnya. Cek kondisi kekencangan rantai untuk motor tipe bebek dan sport, sedangkan tipe matik bisa dilakukan dengan cara mendengarkan suara dari rumah transmisi saat mesin hidup.

Terakhir, pastikan seluruh komponen penting dalam berkendara seperti lampu, kampas rem, serta kondisi tekanan angin dan alur ban.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu
Terbaru