Inovasi Baru, Mesin Diesel Bisa Gunakan BBG

konverter kit
Sumber :

VIVA.co.id - Berbagai inovasi guna mengganti bahan bakar minyak terus dikembangkan. Salah satunya konverter kit, produk aksesori yang ditanamkan pada kendaraan untuk dapat mengubah jenis bahan bakar yang digunakan.

Sebenarnya, konverter kit telah banyak beredar di Indonesia. Hanya saja, konverter kit yang kini beredar adalah konverter dari bensin ke gas. Kini PT Tritunggal Prakarsa Global (TPG) punya konverter kit yang berbeda.

Bertepatan dengan acara International Auto Parts, Accesories and Equip Exhibition (Inapa) 2015, TPG memamerkan inovasi terbaru mereka, di mana mesin berbahan bakar diesel bisa dikonversi ke bahan bakar gas (BBG).

Bahkan, R&D Manager TPG, A Hakim Pane mengklaim, inovasi konverter kit BBG untuk mesin diesel ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

"Tadi, ada orang-orang luar negeri seperti Tiongkok, mereka cuma bisa angkat jempol saja. Karena ternyata ini ada (konverter kit diesel ke gas)," kata Hakim saat ditemui di acara Inapa 2015 di Kemayoran, Jakarta, Rabu 18 Maret 2015.

Hanya, menurut Hakim, untuk saat ini, alat tersebut baru dapat digunakan untuk mesin diesel pada kapal. Hal ini tak lain untuk mendukung program pemerintah kepada nelayan dalam menyediakan 2.000 mesin diesel BBG di Pantura, Pulau Jawa.

"Sebenarnya bisa untuk konverter kit mobil mesin diesel, hanya kami belum ke arah sana," kata Hakim.

Hakim juga menuturkan, untuk gas yang digunakan pada konverter kit ini menggunakan gas jenis CNG maupun LPG. (art)

![vivamore=" Baca Juga :"]

[/vivamore]