Ahok Pimpin Ibu Kota Baru, Jokowi Diam, hingga Konsumsi Rempah-rempah

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jadi Komisaris Utama Pertamina
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hiro

VIVA – Berita terkait isu mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadi calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru menjadi perhatian utama dari pembaca VIVAnews, sepanjang Minggu 1 Maret 2020.

Pada berita ini, pembaca sepertinya ingin lebih tahu reaksi dari sejumlah pihak yang kontra terhadap isu tersebut. Terlebih politikus Partai Demokrat menyatakan bila isu itu terjadi maka kondisi Indonesia tak akan kondusif.

Selain itu, berita terkait perang kata-kata politisi Garbi Fahri Hamzah dan politisi PDIP Budiman Sudjatmiko di media sosial, terkait respons Presiden Joko Widodo yang diam melihat tragedi berdarah di India menjadi perhatian pembaca.

Lalu, masih soal tragedi India, Aktivis HAM Natalius Pigai juga merespons cuitan Budiman Sudjamiko. Dia bahkan, menyidir Budiman seperti berat menjadi orang yang berpikir, sehingga menjadi berita yang juga banyak di klik pembaca.

Dan tak kalah menarik, adalah berita terkait imbauan masyarakat untuk konsumsi rempah-rempah menangkal corona dan berita terkait pabrik masker palsu di Cilincing yang mendapatkan bahan dari China menjadi berita yang banyak dibaca.

Berikut rincian dari berita-berita tersebut:

1. Isu Ahok Jadi Pimpinan Ibu Kota Baru, Eks Menteri SBY: Ambyar

Mencuat isu eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jadi calon Ketua Badan Otorita Ibu Kota baru. Isu ini pun memantik reaksi dari sejumlah pihak termasuk dari barisan yang kontra.

Politikus Demokrat Roy Suryo menyindir jika benar terjadi maka diprediksi situasi ke depan tak kondusif. Salah satunya terkait latar belakang masa lalu Ahok. Lalu, suara penolakan Ahok ketika dicalonkan sebagai Komisaris Utama Pertamina. 

Baca selengkapnya di sini

2. Fahri Vs Budiman Sudjatmiko soal Sikap Diam Jokowi Atas Tragedi India

Pendiri Partai Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Fahri Hamzah terlibat friksi dengan politikus PDIP Budiman Sudjatmiko di media sosial. Perdebatan keduanya terkait Presiden Joko Widodo yang belum merespons atas tragedi berdarah di India.

Bermula dari Budiman yang nge-tweet mengomentari artikel pernyataan aktivis HAM Natalius Pigai menyangkut sikap diam Jokowi atas bentrokan berdarah di India. Dalam artikel itu, Pigai mempertanyakan sikap Jokowi lantaran insiden di India telah menewaskan puluhan orang muslim.

Baca selengkapnya di sini

3. Sindir Budiman Sudjatmiko, Pigai: Berat Ya Jadi Orang Berpikir

Aktivis HAM Natalius Pigai merespons politikus PDIP Budiman Sudjatmiko terkait kritikannya ke Jokowi soal insiden berdarah di India. Pigai menyindir Budiman seperti berat untuk menjadi orang yang berpikir.

"Budiman, berat ya jadi org berfikir dan pintar," demikian cuitan Pigai dikutip dari akun Twitternya, @NataliusPigai2, Minggu, 1 Maret 2020.

Baca selengkapnya di sini

4. Masyarakat Diimbau Konsumsi Rempah-rempah Tangkal Virus Corona

Meningkatnya kekhawatiran masyarakat akan penyebaran virus corona atau covid-19 yang berasal dari Wuhan, China, membuat sejumlah pihak bersiap-siap. Salah satunya peneliti dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Guru Besar Biologi Molekular Unair, Prof. C.A. Nidom mengatakan penyebaran virus corona di Indonesia bisa saja terjadi, terlebih pengecekan di Bandara dengan menggunakan thermo scanner dinilai belum cukup menahan seseorang yang tertular.

Baca selengkapnya di sini

5. Terkuak, Bahan Pembuat Masker Ilegal di Cilincing Berasal dari China

Pabrik masker ilegal di Cakung Cilincing, Jakarta Utara ternyata menggunakan mesin yang didatangkan dari China guna memproduksi masker. Tak hanya mesin, bahan untuk membuat masker juga didatangkan dari sana.
 
Pabrik yang digerebek Kepolisian itu memanfaatkan peningkatan permintaan masker di pasaran buntut merebaknya wabah virus Corona. Dan berdasarkan pemeriksaan sementara, pabrik diketahui telah beroperasi sejak Januari 2020.

Baca selengkapnya di sini