Kasus Ruslan Buton, Teror OPM hingga Perseteruan Khofifah-Risma

Gubernur Khofifah dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – Perseteruan antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, terkait penggunaan 2 mobil untuk tes polymerase chain reaction (PCR), menarik perhatian publik.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Demokrat, Andi Arief menyampaikan saran agar kedua kepala daerah perempuan itu bisa berdamai. Andi meyakini kedua figur itu ingin berbuat terbaik untuk rakyat. Keduanya juga dianggap putri terbaik di Jawa Timur.

Tak hanya itu. Kasus Ruslan Buton, mantan anggota TNI yang ditangkap aparat kepolisian karena meminta Presiden Joko Widodo mundur melalui surat terbuka juga menjadi sorotan.  Berita terkait hal tersebut menjadi salah satu berita terpopuler di laman VIVAnews, Senin, 1 Jui 2020.

Baca juga: PPP Protes Penangkapan Eks TNI yang Provokasi Jokowi Mundur

Juga ada cek fakta terkait pendiri perusahaan peranti lunak Microsoft, Bill Gates, fatwa MUI, tenaga kerja asing (TKA) China hingga Bimbim Slank yang menjadi trending di laman VIVAnews.

Berikut ini, lima berita terpopuler di VIVAnews, Senin, 1 Juni 2020:

1. Cek Fakta: TKA China Menyusup, Bill Gates Ditangkap, Bimbim dan PKI

Rumor-rumor tentang ragam sarana penularan virus corona tampak mulai berkurang di media sosial seiring makin banyaknya informasi yang sebenarnya yang diserap oleh masyarakat. Namun, konten-konten hoax beralih ke topik lain terutama yang berhubungan dengan dampak-dampak pandemi Covid-19.

Pendiri perusahaan peranti lunak Microsoft, Bill Gates, misalnya, dikabar ditangkap oleh polisi federal Amerika Serikat dengan tuduhan terlibat terorisme biologis setelah terungkap ia menciptakan coronavirus. Majelis Ulama Indonesia dikabarkan menerbitkan fatwa agar umat Islam di Tanah Air mewaspadai rapid test untuk mendeteksi penularan virus corona. Baca selengkapnya di sini.

2. Refly Harun: Meminta Presiden Mundur Enggak Apa-apa dalam Demokrasi

Kasus Ruslan Buton, mantan anggota TNI yang ditangkap aparat kepolisian karena meminta Presiden Joko Widodo mundur melalui surat terbuka jadi sorotan. Penangkapan ini jadi pertanyaan dan direspons berbagai pihak.

Salah satu yang ikut bersuara adalah pakar hukum tata negara, Refly Harun. Ia menilai dalam demokrasi sebenarnya tak ada masalah meminta Presiden mundur. Bagaimana pendapat Refly selengkapnya? Simak di sini.

3. OPM Tebar Teror Lagi, Petani Kebun Ditembak dan Dimutilasi

Kelompok kriminal bersenjata (KKB), Operasi Papua Merdeka atau OPM kembali beraksi dan menebar teror di Papua. Kali ini, korbannya adalah seorang petani di Intan Jaya yang ditembak dan dimutilasi.

Korban diketahui warga asli Papua bernama Yunus Sani (40). Korban ditembak pada Jumat, 29 Mei 2020, di Kampung Megataga, Distrik Wandai, Intan Jaya. Bagaimana kronologi selengkapnya? Baca di sini.

4. Perseteruan Khofifah-Risma, Demokrat: Duduk Bareng, Selamatkan Rakyat

Di tengah pandemi Corona (Covid-19) muncul perseteruan antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Perseteruan ini terkait penggunaan 2 mobil untuk tes polymerase chain reaction (PCR).

Kisruh Pemprov Jatim dengan Pemkot Surabaya itu dinilai karena rivalitas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Baca selengkapnya di sini.

5. Fadli Zon Vs Mahfud soal RUU HIP yang Bikin Resah

Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) jadi polemik karena dinilai tak memasukkan TAP MPR terkait penyelamatan ideologi Pancasila. Perdebatan pun disampaikan antara elite politik di DPR dan pemerintah.

Seperti adu argumen di media sosial yang disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Simak berita selengkapnya di sini.