Cak Imin Dinilai Lawan Tangguh Khofifah Indar Pararwansa Bila Maju di Pilkada Jatim

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Khofifah Indar Parawansa, dipastikan akan maju di Pilkada Jawa Timur. Sejumlah partai memastikan mendukungnya, seperti Gerindra, PAN, Golkar hingga Demokrat. Namun yang menjadi pertanyaan, siapa penantang yang tangguh dari incumben tersebut? Ada satu nama yang diprediksi bisa menjadi penantang tangguh.

Sudirman Said Tak Serahkan Dokumen Persyaratan Daftar Cagub via Independen

Pengamat politik dari Archy Strategy, Radis Hadi, mengatakan jika melihat kondisi politik di Jawa Timur, maka satu-satunya yang menjadi lawan Khofifah adalah dari PKB.

Pengamat Politik dari Archy Strategy, Radis Hadi

Photo :
  • Istimewa
Bermodal 20 Kursi di DPRD, PKB Kukuh Ajukan Gus Yusuf Calon Gubernur Jateng

"Dan paling terdekat adalah PKB pendulang suara terbesar di Jawa Timur di mana kita lagi menunggu siapa yang diusung PKB untuk melawan Khofifah," kata Radis, dikutip Senin 13 Mei 2024.

PKB di Jawa Timur adalah pemenang Pileg 2024. Saat ini PKB juga tengah mencari sosok yang kuat untuk maju di Jawa Timur menantang Khofifah. Dari beberapa keterangan sebelumnya, PKB memang sedang mencari sosok kuat yang bisa menang melawan Ketua Umum PP Muslimat NU itu.

KPU DKI Sebut Hanya Dharma Pongrekun yang Serahkan Berkas Pendaftaran Cagub via Jalur Independen

Radis menilai, jika dicermati secara institusi partai maka PKB yang layak menantang Khofifah. Untuk sosoknya, menurutnya nama Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, yang paling tangguh menantang Khofifah. Cak Imin adalah Ketua Umum PKB.

"Apakah ada yang akan diutus oleh Cak Imin pasca pemilihan presiden kemarin? Atau Cak Imin sendiri yang akan melawan Khofifah di Jawa Timur? Tentu ini akan menjadi suatu fragmetasi yang kuat di Jawa Timur yang mana Khofifah akan mendapat lawan tangguh di Jawa Timur; Cak Imin vs Khofifah," jelasnya.

Lebih lanjut Radis mengatakan, pertarungan di Pilkada Jawa Timur akan lebih sengit bila yang menantang Khofifah adalah Cak Imin. Sementara sosok lain di luar itu, belum terlihat kuat.

"Ini jadi pertarungan sengit (Khofifah melawan Cak Imin), dan apakah itu akan terjadi di panggung Demokrasi Jawa Timur? Saya berharap itu akan terjadi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya