18 Hari Operasi Ketupat, 40 Ribu Lebih Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Razia mudik oleh pihak kepolisian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Korps Lalu Lintas Polri mencatat, ada puluhan ribu kendaraan pemudik yang berhasil diminta putar balik oleh aparat kepolisian di berbagai daerah di tanah air.

"Jumlah total kendaraan yang diperintah putar balik selama 18 hari pelaksaan operasi ketupat sebanyak 40.856 kendaraan," kata Kepala Bagian Penerangan Umun, Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan melalui conferensi pres virtual di kantornya, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Mei 2020.

Para kendaraan yang nekad mudik di tengah pandemi COVID-19 ini, berbagai macam diantaranya, kendaraan pribadi, kendaraan bus, kendaraan sewa dan ada juga kendaraan roda dua.

"Kendaraan diperintahkan putar balik karena diindikasikan akan mudik," ucapnya.

Sedangkan, pada operasi ketupat pada hari ke-18 hari ini, Polri mencatat, ada 1.444 kendaraan yang terpaksa diminta putar balik oleh aparat kemanaan karena hendak mudik.

Ramadhan merinci, kendaraan yang hendak diminta putar balik di di wilah hukum Polda Metro Jaya sebanyak 518 kendaran. Yang ditangani Polda Jawa Barat sebanyak 368 kendaraan, Jawa Timur 308 kendaraan, yang ditangani oleh Polda Daerah Istinewa Yogyakarta ada 11 kendaraan.

Kemudian, yang ditangani Polda Banten sebanyak 171 kendaraan, Polda Lampung 26 kendaraan, Polda Jawa Tengah 52 kendaraan.

Baca: Jokowi-Ma'ruf Amin Gelar Doa Kebangsaan Agar Terbebas dari COVID-19