BTS dan Big Hit Donasi Rp14 Miliar untuk Black Lives Matter

BTS.
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA – Pekan ini, grup boyband Korea Selatan BTS menyatakan dukungannya terhadap gerakan Black Lives Matter dengan mendeklarasikan 'kami berdiri bersama' melawan diskriminasi ras. Kini, grup yang mendunia itu mengambil langkah lebih jauh lagi untuk dukungan tersebut.

Dikutip dari laman Allkpop, seorang perwakilan Big Hit Entertainment mengatakan kepada Variety bahwa BTS dan Big Hit Entertainment sudah mendonasikan USD1 juta atau sekira Rp14 miliar untuk Black Live Matter.

Donasi tersebut sudah dikirimkan awal pekan ini. Bukti donasi juga sudah dikirim Black Lives Matter kepada Big Hit pada akhir pekan kemarin. Namun, BTS maupun Big Hit tidak akan memberikan komentar tentang donasi tersebut. Perwakilan Black Lives Matter juga tidak segera merespons permintaan Variety untuk memberikan komentar.

Tak hanya BTS, beberapa artis K-pop lain baik grup maupun individu telah menunjukkan dukungannya terhadap gerakan antirasisme ini. Anggota boyband GOT7 Mark Tuan mengungkapkan sudah memberikan donasi secara pribadi untuk dana Pemakaman George Floyd. Ada pula rapper Korea-Amerika pH-1 yang mendonasikan Rp42 juta untuk Black Lives Matter.

Anggota Day6 Jae juga memberikan donasi untuk Minnesota Freedom Fund. Sementara BTS dan Big Hit merupakan grup dan agensi pertama yang secara terbuka memberikan donasi setelah kematian George Floyd yang memantik unjuk rasa terhadap polisi.

Di lain tempat, Jay Park dan label musiknya H1GHR secara kolektif mengumpulkan donasi bersama para artisnya untuk Black Lives Matter. Jay Park mendonasikan USD10.000 atau sekira Rp140 juta tiga hari setelah kematian George Floyd.

"Tidak terhitung lagi orang-orang tak berdosa tanpa senjata kehilangan nyawa dan tidak ada yang bertanggung jawab atas hal ini," komentar Jay Park.