MotoGP 2020 Jadi Pengujung Karier Valentino Rossi di Yamaha

Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi saat di kampung halamannya
Sumber :
  • twitter.com/YamahaMotoGP

VIVA – Tim Yamaha MotoGP resmi mengumumkan bahwa musim 2020 akan menjadi pengujung karier bagi Valentino Rossi di Yamaha. Meski begitu, kedua pihak sepakat untuk menunda keputusan mengenai rencana di masa depan.

Menurut keterangan resmi Yamaha, Rossi akan mengakhiri musim ke-15 sebagai pembalap Yamaha pada akhir tahun ini. Meski begitu, Yamaha dan Rossi masih menunggu sampai pertengahan musim untuk mengambil keputusan final.

"Atas alasan pasar pengendara, Yamaha meminta saya di awal tahun ini untuk membuat keputusan tentang masa depan saya," kata Rossi seperti dikutip laman resmi Yamaha, Rabu 29 Januari 2020.

"Konsisten dengan apa yang saya katakan selama musim lalu, saya menegaskan bahwa saya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan dan membutuhkan lebih banyak waktu," ucapnya.

Hal ini, merupakan permintaan Rossi. Ia melakukannya, demi mengevaluasi kecepatannya dibandingkan dengan para rivalnya. Setelah melewati paruh pertama MotoGP musim ini, Rossi dan Yamaha bakal melakukan negosiasi ulang.

Yamaha juga menyatakan, Rossi dijamin mendapatkan motor YZR-M1 dengan spesifikasi pabrikan terbaru, jika memutuskan tetap aktif balapan pada 2021 nanti.

"Yamaha telah bertindak sesuai dan menyimpulkan negosiasi yang sedang berlangsung. Setelah perubahan teknis terakhir dan dengan kedatangan kepala kru baru saya, tujuan pertama saya adalah untuk menjadi kompetitif tahun ini agar bisa melanjutkan karier sebagai pembalap MotoGP juga pada tahun 2021," terangnya.

"Sebelum melakukannya, saya perlu memiliki beberapa menjawab bahwa hanya trek dan beberapa balapan pertama yang bisa memberi saya," ujar pembalap berusia 40 tahun tersebut.