Fabio Quartararo Resmi Gantikan Valentino Rossi di Yamaha

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.
Sumber :
  • Crash

VIVA – Tim Yamaha MotoGP telah resmi memperpanjang kontrak Maverick Vinales hingga tahun 2022. Akan tetapi, pada musim 2021, Vinales dipastikan mendapat rekan setim yang baru, yaitu Fabio Quartararo.

Pembalap asal Prancis itu dikontrak selama 2 tahun. Quartararo akan menjadi pengganti Valentino Rossi untuk musim balap 2021 dan 2022.

Kesepakatan ini terjadi lantaran hasil impresif yang diraih Quartararo pada musim lalu. Pembalap tim satelit Yamaha itu mampu mengoleksi tujuh podium, lima kali finis di posisi kedua dan dua kali meraih posisi ketiga.

Bahkan, Quartararo sanggup menyudahi MotoGP 2019 dengan menduduki posisi kelima klasemen akhir. Hasil tersebut yang membuatnya diberi penghargaan Rookie of the Year.

"Fabio baru berumur 20 tahun, tapi dia sudah menunjukkan kedewasaan yang luar biasa, baik di atas motor atau tidak. Kami sangat senang dia bergabung bersama kami mulai 2021," kata Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, seperti dikutip situs resmi Yamaha.

Quartararo sendiri berambisi menunjukkan performa seperti tahun lalu. Ia pun sangat termotivasi untuk memberikan hasil yang terbaik.

"Saya ingin berterima kasih pada YMC dan Petronas Yamaha Sepang Racing Team, yang sudah memberikan kesempatan untuk masuk kelas MotoGP di 2019. Saya akan memberikan semuanya untuk bisa membuat mereka bangga lagi tahun ini," kata Quartararo.

Sementara itu, Lin Jarvis juga membeberkan soal masa depan Rossi di Yamaha tempatnya diambil Quartararo. Jarvis mengatakan, Rossi kemungkinan besar akan menggantikan posisi Quartararo sebagai pembalap tim satelit. Hal itu karena Rossi belum juga memutuskan untuk pensiun dari lintasan balap.

"Akan menjadi aneh memulai musim 2021 tanpa ada Rossi di tim pabrikan, tapi Yamaha akan selalu ada untuk Rossi. Ke depan, kami bakal menyediakan YZR-M1 dengan spesifikasi pabrikan dan dukungan teknisi secara penuh," ucap Lin Jarvis.