Proliga Akan Sambangi 7 Kota Besar

Sumber :

VIVAnews - Perhelatan Proliga Bola Voli 2010 akan kembali digelar. Untuk kesekian kali Sampoerna kembali menjadi sponsor event bola voli terbesar di tanah air ini.

Event tahunan ini akan digelar mulai tanggal 26 Februari hingga 16 Mei 2010 dimulai dari Kota Solo hingga grand final di Istora Senayan Jakarta. Dibanding musim sebelumnya, kompetisi musim ini akan digelar sedikit berbeda.

Jika musim lalu empat tim teratas akan berlaga di final four dengan sebaran peringkat satu melawan peringkat empat dan peringkat dua akan bersua peringkat tiga, kali ini empat tim akan saling berhadapan sebanyak dua kali di babak final four untuk berebut partai final.

Jika di total sebanyak 68 pertandingan akan tersebar di tujuh kota yakni Solo, Yogyakarta, Jakarta, Palembang, Gresik, Malang, dan Bandung. Sedangkan satu pertandingan All Star akan digelar di Kota Cirebon di pertengahan kompetisi.

"Liga bola voli ini akan mulai menerapkan sistem pertandingan baru yang mengikuti peraturan dari FIVB (Federation Internationale de Volleyball) yang sudah diterapkan di Sea Games XXV Laos, Desember tahun lalu," ujar Hanny Surkatty dalam jumpa pers di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa 23 Februari 2010.

"Dengan adanya sistem pertandingan seperti ini diharapkan akan semakin menarik dan menantang. Dengan kompetisi yang ketat pemain akan terbiasa dengan tekanan," tambah Hanny.

Total 10 tim, 5 tim putra dan 5 tim putri, akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Di sektor putra, juara bertahan Surabaya Samator akan ditantang Jakarta Sananta, Palembang Bank Sumsel, Jakarta BNI dan Bantul Yuso.

Sedangkan di sektor putri, Jakarta Electric PLN akan ditantang Jakarta BNI, Gresik Petrokimia, Jakarta Popsivo dan pendatang baru Jakarta TNI AU.