Perbakin jadikan ISSF GP 2022 sebagai Uji Coba Jelang SEA Games

Ketum Perbakin, Joni Supriyanto
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Ketua Umum PB Perbakin, Letjen TNI Joni Supriyanto, menyatakan jika kejuaraan menembak internasional bertajuk ISSF Grand Prix Air Rifle/Pistol 2022 akan dimanfaatkan sebagai ajang uji coba jelang SEA Games Vietnam.

Pada kejuaraan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini, tuan rumah tampil dengan kekuatan penuh. Mereka menurunkan atlet utama, lapis kedua, hingga youth. Tujuannya untuk memberikan pengalaman bertanding yang sulit didapat di masa pandemi ini.

“Pada kegiatan Grand Prix ini saya sebagai Ketua Umum Perbakin saya manfaatkan sebagai test event SEA Games. Jadi, atlet yang turun sebanyak 48 orang sekaligus untuk memberikan pengalaman pada mereka,” ujar Joni ketika ditemui di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, Selasa 8 Februari 2022.

Selain itu, kejuaraan ini juga diharapkan bisa mengukur kekuatan para pesaing Indonesia di SEA Games Vietnam. Pasalnya, dari enam negara peserta termasuk Indonesia, tiga pesaing lainnya berasal dari Asia Tenggara.

Ketum Perbakin, Joni Supriyanto

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

Mereka adalah Malaysia, Thailand, dan Singapura. Sisanya adalah Bangladesh dan Rumania.

"Jadi, kalau kami lihat kekuatan teman-teman yang hadir keliatan yang full team seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Mereka juga pastinya dalam rangka persiapan untuk menuju SEA Games," ucap Joni.

"Jadi, ajang ini sekaligus sebagai test event ke SEA Games tapi masih ada beberapa kejuaraan di luar (negeri) untuk menuju SEA Games,” jelas dia.

Sebanyak 138 peserta akan tampil di ISSF Grand Prix Air Rifle/Pistol 2022 ini. Kejuaraan ini mempertandingkan sebanyak 20 nomor pertandingan. Para juara akan mendapatkan medali dan poin untuk meningkatkan peringkat dunia.