Indonesia Polo Menang Kompetisi Dunia, Pordasi Bersemangat Cetak Atlet

Tim Indonesia Polo menang kompetisi tingkat dunia
Sumber :
  • Indonesia Polo

VIVA Sport – Olahraga berkuda polo Indonesia belum lama ini mencatatkan sebuah sejarah baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tim polo yang dimiliki orang Indonesia berhasil meraih juara di kompetisi antar tim dari berbagai negara.

Adapun nama tim Polo yang mencatatkan sejarah tersebut bernama ‘Indonesia Polo’. Tim itu berdiri berkat kolaborasi antara Komisi Polo Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) dengan Tim Semper Anticus Polo, salah satu tim polo milik seorang pecinta polo asal Indonesia, Clarinda Tjian Dharmadi.

Tim yang dimiliki Indonesia itu diperkuat oleh Sarah Wiseman, Heloise Wilson-Smith, Lottie Lamacroft dan Bryony Tailor. Mereka meraih prestasi pasca menang Subsidiary Final melawan Claremont Family Open pada kompetisi bernama Cirencester Ladies Open yang digelar di Cirencester Park Polo Club, Inggris pada 7 Agustus 2022.

“Pertama kali dalam sejarah, tim milik Bangsa Indonesia meraih juara sebuah kompetisi antar tim di tingkat dunia kemarin,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Pordasi Adinda Yuanita.

Ketua Komisi Polo PP Pordasi, Boedi Susetio Soendaryo Priatman, ikut menyampaikan kebahagiaannya atas prestasi yang ditorehkan tim Indonesia.

“Alhamdulillah, tim polo yang membawa bendera Indonesia, telah berhasil membuat sejarah hebat melalui satu prestasi pada kejuaraan tim tingkat dunia. Tentunya ini akan sangat memotivasi pengembangan Polo di Tanah Air untuk lahirkan atlet-atlet juara,” ujar Boedi.

Tidak ketinggalan, Ketum PP Pordasi, Triwatty Marciano, sampaikan apresiasi kepada Clarinda selaku patron berkuda Polo Indonesia, yang memiliki inisiatif bersama Komisi Polo PP Pordasi untuk membentuk tim Polo bernama ‘Indonesia Polo’ sekaligus mempromosikan Indonesia. Diakui juga bahwa cara tersebut dapat memotivasi pecinta Polo di Tanah Air untuk mengenal dan mendalami berkuda Polo.

”Alhamdulillah kolaborasi Komisi Polo PP Pordasi dan Semper Anticus Polo Team telah berhasil membuat satu prestasi yang membanggakan, prestasi pertama Tim polo Indonesia di satu kompetisi antar tim tingkat dunia. Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Mari kita kembangkan berkuda Polo Indonesia agar dapat lebih berprestasi,” kata Triwatty Marciano.

Pengawas Polo PP Pordasi, Benny, menyampaikan harapannya kepada berkuda Polo di Tanah Air. Ia berharap adanya sekolah berkuda Polo yang baik untuk mereka yang berminat menekuni dan juga mendatangkan kuda-kuda Polo terbaik.

Polo menjadi menarik karena tidak ada batasan usia untuk memainkannya dan juga hobi kaum elite dunia seperti raja dan konglomerat.

Ke depannya, dia berharap Pordasi bisa membangun ekosistem industri berkuda polo di Tanah Air. Salah satu lokasi potensial berada di Pulau Bintan.

Pasalnya, wilayah itu dekat dengan negara tetangga dan memiliki destinasi yang menarik turis. Triwatty sendiri telah meninjau Pulau Bintan, tepatnya ke Bintan Lagoi Resort. Di Bintan Lagoi Resort rencananya akan dibangun Polo Field, tentunya ini menambah jumlah sarana prasarana Polo di Indonesia, yang mana saat ini hanya ada satu di Nusantara Polo Club, Bogor.

Jika berhasil terbangun, Polo Field di Bintan Lagoi Resort juga akan mendorong Sports Industry dan Sports Tourism di kawasan Pulau Bintan.

“Selamat kepada tim Indonesia Polo, sebuah tim yang membawa nama Indonesia ini telah mencatatkan prestasi. Terima kasih atas kerja keras para atlet, pelatih, dan PP.Pordasi yang telah berusaha keras mengembangkan olahraga berkuda Polo di Tanah Air. Semoga perkembangan berkuda Polo ke depan lebih baik lagi,” kata Ketua Umum KONI, Marciano Norman.