3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • Dokumentasi Ajinomoto

Jakarta – Ada banyak cabang olahraga di dunia. Ternyata, ada tiga olahraga yang disunnahkan atau dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Tiga olahraga sunnah Rasul tersebut adalah memanah, berkuda dan berenang.

”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Berikut manfaat ketiga olahraga tersebut:

1. Memanah/Panahan

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Atlet Panahan Indonesia, Arif Dwi Pangestu

Photo :
  • PB Perpani


Memanah atau panahan adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Dalam satu hadis disebutkan Rasulullah lebih suka memanah dibandingkan berkuda.

“Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada berkuda.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Memanah adalah sumber kekuatan. Terkandung banyak kebaikan dalam olahraga ini. Memanah bisa melatih kesabaran, kelembutan, kekuatan, dan kasih sayang. Oleh karena itu olahraga ini juga sangat dianjurkan oleh Nabi.

Memanah dapat memberikan manfaat fisik dan mental. Olahraga ini melibatkan otot-otot tubuh bagian atas, meningkatkan kekuatan dan kestabilan.

Selain itu, memanah juga melibatkan fokus dan konsentrasi yang tinggi, membantu melatih keterampilan mental dan pengendalian diri. Aktivitas ini juga dapat menjadi bentuk relaksasi dan mengurangi stres.

2. Berkuda

Atlet berkuda Natasha Herjawan

Photo :
  • istimewa


Banyak kebaikan dan keutamaan berkuda yang juga dikenal sebagai Equestrian.

 “Pada ubun-ubun kuda itu, telah ditetapkan kebaikan, hingga hari Kiamat.” (HR Bukhari).

Olahraga berkuda dapat memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan. Aktivitas ini melibatkan sebagian besar otot tubuh dan dapat meningkatkan kekuatan inti, keseimbangan tubuh, dan koordinasi motorik.

Selain itu, berkuda juga dapat menjadi bentuk relaksasi dan terapi bagi seseorang, membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

3. Berenang

Ketua Umum Federasi Akuatik Indonesia, Anindya Bakrie

Photo :
  • Istimewa


Berenang memperkuat jantung dan paru-paru, karena membuat kita melakukan pola bernafas yang khas. Hal ini membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta memperlancar distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Berenang memiliki banyak manfaat kesehatan. Aktivitas ini dapat meningkatkan kekuatan otot, kebugaran kardiovaskular, dan fleksibilitas tubuh.

Renang juga menjadi olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membantu mengontrol berat badan. Selain itu, berenang juga dapat menjadi bentuk relaksasi dan membantu mengurangi stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya