Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Raja Sapta Oktohari
Sumber :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

Jakarta – Atlet balap sepeda Indonesia berpeluang lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Adalah Bernard van Aert yang memiliki peluang tersebut setelah tampil apik di nomor omnium UCI Track Nations Cup 2024 Hong Kong.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Raja Sapta Oktohari yang menjadi Ketua Tim Tas Force Olimpiade 2024 Paris menyaksikan langsung penampilan Bernard di Nations Cup Hong Kong.

"Di samping jabatan saya sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia, saya juga diberi amanah menjadi Ketua Task Force Olimpiade Paris 2024 yang tugasnya untuk mengawal dan memastikan proses kualifikasi para atlet itu bisa maksimal," kata Okto, dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Minggu 17 Maret 2024.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

UCI Track Nations Cup Hong Kong dan Kanada dikatakan Okto jadi penentu dan memberi peluang besar untuk para atlet balap sepeda Indonesia untuk lolos ke Olimpiade.

"Kita melihat aspek holistic dari segala penjuru persiapan demi persiapan atlet menuju Paris 2024. Ini hanya dari satu cabor yang punya potensi, masih ada banyak cabor lain yang punya potensi dan berupaya mendapatkan tiket ke Paris 2024," imbuhnya.

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Kepala Pelatih Tim balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo mensyukuri hasil yang didapatkan oleh Bernard. Menurutnya, pria berusia 26 tahun sudah mengeluarkan penampilan terbaiknya. 

"Buat Bernard, performance-nya hari ini terbaik di sepanjang dia berkarier di sepeda dan memang speednya luar biasa. Di Nations Cup hari ini peserta olympic hadir semua, otomatis speed naik kualitas balapan naik dan Bernard full dari awal sampai akhir performanya naik," ungkap Dadang. 

Dari penghitungan tim pelatih, Bernard yang finis di urutan 17 nomor omnium UCI Track Nations Cup Hong Kong mendapatkan tambahan 192 poin. Tambahan poin itu diyakini dapat membuat peringkat Road to Paris 2024 Bernard naik ke urutan 17 dari total 22 atlet balap sepeda yang akan lolos. 

Seri terakhir sekaligus penentu atlet balap sepeda nomor track yang akan lolos ke Paris 2024 akan digelar di UCI Track Nations Cup Kanada 12-14 April mendatang. 

"Jadi ada 22 atlet yang akan lolos ke Paris 2024, Bernard masih punya peluang cukup besar karena masih ada 4 pebalap di bawah yang harus tetap diantisipasi. Ada 3 serie Nation Cup tahun ini dan poinnya akan ditotal semua, jadi tetap harus di antisipasi," tutur Dadang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya