Kopassus 'Wisuda' 79 Atlet SEA Games

Irfan Bachdim (kiri depan) bersama pemain timnas SEA Games di Batujajar
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Kopassus menggelar 'wisuda' 79 atlet SEA Games yang telah menjalani Character Building Camp di Pusdikpassus, Batujajar, Bandung, Kamis 19 Mei 2011. Seluruh atlet tersebut menjalani program sejak 7-19 Mei 2011. Saat diwisuda, para atlet dari 9 cabang olahraga ini memakai seragam tentara lengkap.

Komandan Satlak Prima, Tono Suratman dalam sambutannya mengungkapkan program ini bertujuan untuk membentuk karakter para atlet agar memiliki mental juara saat bertanding di SEA Games. "Jadi, ini bukan Sport Science, tapi lebih pada pembentukan watak bagaimana mencintai pekerjaan dan olahraga yang ia tekuni," ujar Tono.

Wakil Komandan Pusdikpassus, Letkol Djoko Andoko menambahkan, penerapan metode pendidikan bernuansa militer ini diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalisme kepada setiap atlet yang kelak akan berlaga di SEA Games.

"Ini sebagai pendidikan berbasis kepada wawasan kebangsaan dan bela negara untuk penanaman rasa nasionalisme dan pluralisme. Bahwa setiap perjuangan bukan hanya untuk dirinya saja tetapi juga untuk negara," ujarnya.

Dalam acara wisuda ini, sempat diputar video berdurasi 30 menit yang menunjukkan pelaksanaan program Character Building. Tampak seluruh
atlet diharuskan untuk melakukan berbagai tantangan berupa adu ketangkasan, tes fisik, uji nyali, hingga permainan yang membutuhkan
kerjasama tim.

"Harapan kepada semua atlet, setelah kembali ke pemusatan latihan dapat berlatih dengan semangat juang tinggi. Berbuat yang terbaik dan tunjukkan Merah Putih berkibar," harap Djoko.

Dalam acara tersebut, para peserta pun diberi kesempatan untuk membagi pengalaman saat menjalani diklat. Salah satunya, atlet sepakbola asal Papua, Oktovianus Maniani.

"Pertama kali datang, saya pribadi merasa takut. Saat turun bus sudah banyak bapak-bapak berbaret merah. Wah parah nih kayaknya," ungkap Okto polos. Cerita Okto sontak mengundang tawa para peserta lain.

Namun, setelah mengikuti program tersebut, Okto mengaku kagum atas program Kopassus ini. "Memang luar biasa Kopassus. Kepada instruktur,  saya ucapkan terima kasih. Kita akan tunjukkan yang terbaik dengan lawan-lawan kita," janji Okto. (sj)