Sepak Takraw Target Dua Emas

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • SEAG 2011

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Internasional Sepaktakraw Federation, Abdul Halim Bin Kadir optimistis pelaksanaan SEA Games cabor Sepak Takraw di Palembang akan berjalan sukses. Rasa optimisme ini disampaikan Abdul Halim setelah meninjau langsung venue Sepak Takraw.

"Melihat persiapan venue, tidak ada masalah lagi dan saya optimistis Sepak Takraw SEA Games bisa berlangsung dengan sukses. Jika SEA Games di Palembang sukses, tidak menutup kemungkinan kami akan mendirikan Akademi Sepaktakraw Dunia di Palembang,” kata Abdul Halim dalam konferensi pers, Kamis 6 Oktober 2011 di Rumah Makan Sederhana Palembang.

Menanggapi soal peluang Indonesia pada SEA Games 2011, Abdul Halim optimistis Indonesia bisa meraih minimal satu medali emas. Keyakinan ini disampaikan Abdul Halim karena pernah menyaksikan pertandingan tim Indonesia menghadapi tuan rumah Thailand pada kejuaraan Super Series.

"Saat kejuaraan Super Series di Thailand. Regu kedua Indonesia bisa mengalahkan tim juara dunia Thailand. Jika di Thailand saja, Indonesia bisa menang, apalagi saat Indonesia menjadi tuan rumah. Minimal satu medali emas, bisa diraih Indonesia,” kata Abdul Halim.

Ketua PB Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Basri Sidebat mengatakan timnas Indonesia telah mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2011. Tim Indonesia menargetkan dua medali emas dari nomor double event putra serta double event putri.

"Target kita satu medali emas dari putra serta satu medali emas dari putri. Kita akan berusaha memenuhi target ini. Karena itu dukungan penuh dari penonton sangat diharapkan,” kata Basri.

Basri menambahkan beberapa negara peserta seperti Thailand dan Malaysia menjadi saingan terberat Indonesia untuk meraih medali emas.” Namun sebagai tuan rumah kita tetap optimistis bisa meraih dua medali emas,” ujar Basri.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov PSTI Sumsel Hendri Zainuddin  menyatakan Sumsel sudah siap menjadi tuan rumah yang baik. Cabor ini rencananya akan digelar di Gedung Sriwijaya Promotion Center, Palembang.

"Persiapan venue SEA Games bisa kita lihat pada test event,” kata Hendri. "Tujuan dari test event ini adalah untuk mengetahui kesiapan panitia dan venue. Jika ada kekurangan akan diperbaiki agar saat SEA Games nanti semua bisa berjalan dengan sukses,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sumsel Muddai Madang mengharapkan, cabang olahraga sepak takraw nantinya digelar pada ajang Olimpiade. 

"Kami memberikan dukungan kepada Pengurus Sepak Takraw Dunia untuk menjadikan sepak takraw dipertandingkan dalam olimpiade. Memang butuh upaya keras, tapi Sumsel siap memberikan dukungan, dengan harapan setidaknya dalam sepuluh tahun ke depan dapat terealisasi," ujar Muddai.

Muddai menambahkan, sosialisasi harus dilakukan hingga ke negara-negara Eropa, salah satunya dengan mendirikan berbagai sekolah sepak takraw.  "Sumsel memiliki fasilitas olahraga bertaraf internasional di Komplek Olahraga Jakabaring, dan bersedia menjadi pusat pembinaan olahraga sepak takraw tingkat Asia," ujarnya. (Laporan: Rasyid Irfandi l Palembang-art)