Thailand Ungguli Indonesia di Klasemen Medali

Tim Nasional Dayung Indonesia Di Sea Games 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Kano dan Kayak menjadi cabang olahraga yang langsung memperebutkan emas pada hari pertama SEA Games, Jumat 11 November 2011. Indonesia berhasil merebut 2 emas pada cabang Kano, sementara Thailand merebut 3 emas di Kayak.

Thailand meraih kemenangan pada lomba Kayak nomor 1000m K1 Man Final, 1000m K2 Man Final, dan 1000m K4 Man Final. Adapun Indonesia meraih emas pada Kano 1000m C1 Man Final dan 1000m C2 Man Final.

Pedayung Indonesia, Eka Octarorianus, tampil gemilang hari ini dengan menyumbangkan dua emas untuk tim Merah-Putih.

Pada lomba Kayak nomor 1000m K2 Man Final dan 1000m K4 Man Final, Indonesia sebenarnya berpeluang juara. Namun, para pedayung Indonesia dibalap Thailand, sehingga mereka harus puas di posisi dua.

"Dari awal kita sudah tahu bahwa kayak Thailand itu memang sangat kuat. Tapi, margin-nya kan tidak jauh. Dua-duanya kita dapat perak," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI), Achmad Sutijipto, di venue dayung Situ Cipule, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Kalau Kano memang kita sudah prediksi karena Kano itu memang nomor kita. Saya tidak mau bela diri, tapi memang kita mengharapkan kayak 4 (1000m K4 Man Final) kita dapat emas. Ya tapi kita dapat medali perak kita terima dengan senang hati," lanjut Ahmad.

Secara keseluruhan PODSI menargetkan raihan 14 emas dari 36 medali yang diperebutkan. Ahmad optimistis, Eka dan kawan-kawan dapat merealisasikan target tersebut.

"Semua pihak dan atlet yang lain harus pasang target tinggi. Kalau targetnya rendah, buat apa. Target 14 emas itu rasional. Secara keseluruhan, hari ini sudah bagus. Ini kan baru start. Start sudah dua emas, ya lumayan," tuntasnya.

Untuk sementara, peringkat Indonesia di klasemen medali ada di posisi kedua dengan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Thailand ada di peringkat pertama dengan 3 emas dan 1 perunggu. Di peringkat ketiga diisi Myanmar dengan 2 perak.