Fakta: Justin Gaethje Bikin Khabib Nurmagomedov Kalah di Ronde 1

Kuncian mengerikan Khabib Nurmagomedov ke Justin Gaethje
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Khabib Nurmagomedov sebenarnya bisa saja kalah saat bertarung melawan Justin Gaethje di Ultimate Fighting Championship 254, Sabtu 24 Oktober 2020 atau Minggu dini hari WIB. Kalau saja pertarungan berlangsung sampai lima ronde, bukan tak mungkin Khabib kehilangan gelarnya di penghujung karier.

Itu didasari atas agresivitas Gaethje. Faktanya, Gaethje mampu membuat Khabib tertinggal dalam perhitungan skor di ronde pertama.

Serangan-serangan Gaethje begitu tajam. Beberapa kali, Khabib sempat dihantam oleh The Highlight.

Hasilnya, di ronde pertama, dua juri, Sal D'Amato dan Ben Cartlidge, memberikan keunggulan tipis untuk Gaethje, 10-9. Sedangkan, juri Derek Cleary memberikan keunggulan kepada Khabib, 10-9. Begitu hasil resmi perhitungan poin yang diberikan UFC.

Kondisi berbalik di ronde kedua. Khabib berhasil menampilkan skill set yang mumpuni. Setelah mengatur jebakan untuk Gaethje, Khabib membawanya ke skema permainan yang sudah disusun.

Hingga, Gaethje kewalahan menghadapi Khabib di bawah. Kuncian triangle choke Khabib terlalu kuat bagi Gaethje, yang akhirnya tap out di menit 1 detik 34.

Fenomena macam ini sebenarnya sudah sempat muncul saat Khabib mempermalukan Conor McGregor. 7 Oktober 2018 silam, McGregor sempat unggul poin di tiga ronde. Tapi, akhirnya The Notorious kalah setelah dikunci lewat neck crank yang brutal.